Select Page

Tanya :

Saya ingin minta bantuannya tentang penjelasan ‘Changing Wellbore Storage’. Tolong bantu penjelasannya secara lengkap.

Saya ucapkan terima kasih atas bantuannya

Jawab :

Istilah wellbore storage digunakan pada well test analysis. Wel test yang dimaksud bukan production test namun pressure build up test atau fall off test.
Well test dilakukan untuk mengetahui karakteristik reservoir dengan cara mengukur pressure di sebuah sumur setelah sumur itu di-shut in. Pressure profile yang terjadi dicocokkan dengan model-model reservoir yang digenerate secara matematis. Nah setelah cocok/match maka besaran karakter reservoir bisa dihitung.

Pada tahap awal pengukuran pressure ternyata pressure profile belum mencerminkan kondisi reservoir namun mencerminkan kondisi wellbore saja. Inilah yang dimaksud wellbore storage. Idealnya besaran wellbore storage adalah tetap. Namun wellbore storage bisa berubah, salah satunya disebabkan oleh redistribusi fasa pada wellbore. Salah satu cara untuk mengurangi perubahan wellbore storage adalah dengan downhole shut in. Biasanya shut in cukup dilakukan dengan menutup valve pada wellhead.

Jawaban selengkapnya Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan November 2006 ini, dapat dilihat dalam file berikut

Share This