Sekedar pertanyaan dari yang awam, kenapa masa pendaftaran Tender selalu dibuat semepet mugkin ??

Kebanyakan Pengumuman Pendaftaran Tender yang saya lihat dikeluarkan pada hari Jumat dan hanya berlaku untuk 4 hari, bermakna pendaftaran terakhir ditutup hari senin nya. Bermakna pula hanya cukup waktu 3 hari saja untuk mempersiapkan berkas Tender, dan itupun harus lembur sabtu minggu, supaya berkas pendaftaran bisa dimasukkan senin nya.

Tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia :

Jawaban dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia:

biasanya mas, (tapi ini pendapat pribadi lho), itu karena mereka sudah punya preferensi sendiri dengan para kontraktornya. dan pembicaraannya sudah dilakukan di awal dengan preferred contractors sebelum tender dibuka. hal itu untuk menghindari adanya pemain baru (tapi bukan berarti kontraktor baru ini tidak berkompeten yah) yang dimana resiko terlalu besar untuk digunakan meski pemain baru tersebut menang secara komersial.

ada beban psikologis bagi owner untuk melibatkan kontraktor baru apalagi mereka ketat (sekali) dalam time schedule untuk waktu penyelesaian.

ini semua dilakukan untuk memenuhi standar ISO owner.

Yang dibilang donny bener tuh, duluuu saya juga pernah melakukan tender untuk perbaikan gedung di bandung… kebetulan ownernya kenal sama bos saya jadi bisa dianggap preffered consultan lah… tapi pas hari H nya ternyata ada tambahan 2 perusahaan lain yang range penawarannya beda tipis ama penawaran dari kita…
re negosiasi lagi deh jadinya.

abis perbaikan gedungnya pake dongkrak… jarang2 nih

Jawaban selengkapnya dapat dilihat di file berikut :