Select Page

Berikut pertanyaan dari rekan Mailing List Migas Indonesia, Bapak Muchlis Nugroho:

Apa perbedaan antara test separator dengan production separator?

Bagaimana/bilakah cara penggunakan test separator?

Aturan sizingnya apakah berbeda dengan production separator? Krn sepertinya test separator bentuknya selalu lebih kecil.

Acessories (P&ID) nya apakah juga berbeda?

Berikut adalah tanggapan dari rekan Mailing List Migas Indonesia lainnya:

Berikut tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia :

roeddy setiawan

dear pak Muchlis,

sebetul nya in prinsip sama saja tugas nya memisahkan gas, crude dan air.

tetapi test separator itu diperlukan untuk mengetahui snap shot individual well pada saat di test.

jadi Test separator itu sizing nya dari estimate maximum forseable thruput individual well, say misalnya maximum yang mungkin dari well yang akan di produksi adalah 5000 bbl oil, 5 mmscfd gas, 2000 bbl water, nah sizing dr dimensi separator, control valve, metering station, relief system dll ikut ke angka angka tersebut diatas.

Production separator atau kadang kadang disebut gross. sizing nya berdasarkan maximum forseable thruput dari fasilitas tersebut.

say di situ akan di drill 20 well dengan average thruput 3000 bopd, 50 % BS&W, 5 mmscf gas. maka separator dan other ancillary item di size berdasarkan 60,000 crude capacity, 30,000 water dan 100 mmscf gas, tentu saja seringkali designer sering memberikan allowance, siapa tahu ada field lain yang akan di tie in ke facility ini.

umumnya allowance ini subjective sekali, tiap lapangan berbeda, tiap company juga lain2, disini jam terbang jadi penting.

say tiba tiba ada agressive development, ada tambahan produksi tapi tidak bisa diproduksikan karena facilities restriction, kalau tiap hari di restrict 5000 bbl saja banyak sekali revenue yang hilang.

kareana umumnya buat facilities itu paling tidak 2 tahunan lah kalau di Indonesia, so 5000 x 365 x 2 x 60 dollars = $ 219 million gross revenue yang tidak terproduksikan.

Tanggapan dari rekan-rekan lainnya dapat dilihat di file berikut:

Share This