Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan November 2006 membahas Pipeline Gas Detection. Pembahasan selengkapnya dapat dilihat di halaman berikut ini.

Tanya:

Anpan

Saya mau tanya dimana saya bisa menghubungi Company yang berpengalaman untuk mendeteksi Pipa yang bocor di Onshore atau Offshore.

Kalau boleh dengan alamat detailnya agar saya bisa langsung contact mereka.

Salam dan terima kasih,

Nugroho Wibisono

Pak Anpan,

Kalau dikumpeni kami ada perangkat lunak yg memang dipasang khusus untuk mendeteksi kebocoran pipa yg perhitungannya didasarkan pada prinsip mass balance dan pressure balance. Hasil kalkulasi perangkat lunak dan hasil pengukuran dilapangan dibandingkan, jika deviasinya terlalu besar, maka sudah patut untuk dicurigai.

Keakurasiannya cukup tinggi dan juga sudah terbukti dilapangan.

Jadi tidak perlu cari perusahaan yg khusus nyariin kebocorannya terletak dimana karena aktivitas pencarian ini saja sudah makan waktu, belum lagi penanganan kebocorannya, harus mobilisasi tim lain lagi yg sudah harus siap dengan diver, ROV-nya beserta peralatan yang sesuai dengan sebab kebocorannya (kalau yg terakhir ini bukan urusan saya, jadi saya ga terlalu ngerti juga sih hehe).

Mengomentari pak Roeddy, sepertinya tidak se-piece of cake itu di offshore.

Kalau pipeline anda ratusan kilometer disubsea, sepertinya tidak akan mudah juga nyari bocornya kalau pakai perahu ya.

Pipeline sepanjang itu kalau lagi kempes2nya karena bocor juga tidak akan cepat pulih jumlah linepack-nya meskipun sudah digenjot produksi gas ratusan mmscfd.

Beda urusannya kalau yg dibicarakan pak Roeddy itu ternyata untuk pipeline yg di intra field yg panjangnya mungkin hanya puluhan kilometer atau bahkan dibawah 10 km.

Mungkin itu dulu dari saya, silahkan dikoreksi kalau ada kesalahan.

Thanks.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut