Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) , Brazil mengumumkan akan mulai memproduksi gas alam di negara bagian sekitar Bahia.

Produksinya akan menambah suplai di negara bagian selatan, membantu mengurangi ketergantungan Brazil pada gas Bolivia.

(Drill)Manati memulai produksi gas sekitar Bahia

Penulis : Peter Howard Wertheim

OGJ Correspondent

Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) , Brazil mengumumkan akan mulai memproduksi gas alam di negara bagian sekitar Bahia.Produksinya akan menambah suplai di negara bagian selatan, membantu mengurangi ketergantungan Brazil pada gas Bolivia.

PMNT-1 rig di Manati di Camamu basin wilayah Baix Sul Bahia sedang memproduksi 3 juta cu m gas/hari dari dua sumur, kata Petrobas dalam pernyataannya.

Masuknya project gas pipeline yang menghubungi Manati, 10 km dari offshore, ke area perbatasan pulau Ilha de Tinhare dan gas treatment plant di San Francisco do Conde. Petrobas menjalankan project dalam asosiasinya dengan perusahaan Brazilian, Queiroz Galvão dan Norway’s Norse Energy.

“Apabila kapasitas potensial maximum sudah tercapai suatu waktu pada tahun 2007, PNMT-1 akan mempunyai produksi harian 6 juta cu m/hari, yang meyakinkan pengkontribusian untuk konsolidasi pasar gas alam di bagian utara Brazil,” kata perusahaan negara tersebut.

Lahan Manati ditemukan pada bulan Oktober 2000 dengan mengebor 1-BAS-128 wildcat di Camamu sediment basin beberapa mil dari offshore. PMNT-1 dilokasikan di perairan sedalam 35-50 m.

3 juta cu m produksi itu, yang mana dapat mecapai 6 juta, akan membantu Brazil dalam usahanya untuk membebaskannya dari ketergantungannya pada Gas Bolivia.

Bolivia memompa rata-rata 26 juta cu m/hari gas untuk Brazil sesuai kontrak tahun 1999 dimana Brazil membayar 4.30/1 juta dolar btu. Tapi Evo Morales administration of Bolivia sekarang sedang banyak permintaan paling sedikit 5 juta dolar btu, dan diskusi terus berjalan yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Sumber:www.ogj.com