Select Page

Semua jenis PV (pressure vessel/bejana tekan) yang dipergunakan dilingkungan industri migas harus disertifikasi oleh Ditjen MIGAS.

Tanya :

honotjipto

Dear bapak2,

minta tolong nih, apa kah ada perusahaan yang secara legalitas nya OK untuk mensertifikasi bejana bertekanan?? apa kah perusahaan tersebut harus punya sertifikat dari MIGAS??
Terimakasih.

Jawaban dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia:

hasan uddin

Pak honotjipto,

Semua jenis PV (pressure vessel/bejana tekan) yang dipergunakan dilingkungan industri migas harus disertifikasi oleh Ditjen MIGAS. Kalo non-oil & gas ya ke Depnaker sertifikasinya.

Apabila perusahaan bapak merupakan KPS, biasanya harus pake jasa PJIT. Kalo perusahaan bapak non-KPS (services company misalnya) untuk sertifikasi PV bisa direct ke MIGAS atau via PJIT.

Untuk catatan aja, PV harus di design dengan ASME atau BS code. Diluar kedua codes tersebut, ada kemungkinan bapak akan kesulitan pada saat verifikasi/site inspeksi. Apabila PV didesign dengan BS code, bapak langsung aja ke MIGAS tanpa melalui PJIT.

PJIT yang accredited untuk PV adalah:

Pembahasan lebih lanjut Diskusi Mailing List Migas Indonesia yang telah berlangsung pada bulan Desember 2006, dapat dilihat dalam file berikut:

Share This