Select Page

Perdana Menteri Nguyen Tan Dung mengunjungi Italia dan berpartisipasi dalam World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, dari 25-27 Januari, yang ditandai langkah kemajuan baru dalam proses integrasi Vietnam

Perdana Menteri Nguyen Tan Dung mengunjungi Italia dan berpartisipasi dalam World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, dari 25-27 Januari, yang ditandai langkah kemajuan baru dalam proses integrasi Vietnam.

Perjalanan juga menciptakan tenaga baru untuk perekonomian negara, perdagangan dan kerjasama investasi.

Kehadiran pertamakalinya PM Vietnam dalam WEF adalah pertemuan yang sangat penting, yang membuktikan kedudukan dan kekuatan negara, menurut Wakil Menteri Luarnegeri Le Cong Phung.

Selama pembicaraan bilateral dan multilateral, pemimpin dari negara-negara yang berpartisipasi dan world leading economic group membicarakan kesuksesan Vietnam selama proses renovasi. Mereka juga setuju bahwa Vietnam dengan fondasi dan potensinya, berhak mendapat kehormatan dan mendapat dukungan untuk perkembangannya.

PM mengunjungi Italia mengangkat hubungan Vietnam-Italia untuk a new height, yang ditandai komitmen oleh Italian Premiere Romano Prodi dengan rasa hormat pada posisi dan peran Vietnam di Asia Tenggara juga harapannya
bahwa Vietnam akan menjadi jembatan untuk meningkatkan keberadaan Italia dalam wilayah tersebut.

PM Dung bertemu dengan Pope Benedict XVI dan berbincang-bincang dengan PM Vatican Cardinal Tarcisio Bertone yang mencerminkan silaturakhmi dan keinginan Vietnam dan Vatican untuk mendorong dialog bilateral dan saling pengertian.

Pada pertemuan multilateralnya di WEF, PM menegaskan bahwa Vietnam akan memperbaiki lebih lanjut lingkungan bisnisnya, menegakkan keadilan, persamaan dan lingkungan legal yang bersaing untuk semua sektor ekonomi, termasuk investasi dalam dan luarnegeri, dan membangun a law-governed state.

Selama pertemuan bilateral mereka dengan PM Dung, pemimpin Swiss, menegaskan bahwa negara mereka berkolaborasi dengan UN untuk perbaikan kebijakan official development assistance (ODA) untuk negara-negara berkembang, termasuk Vietnam, satu dari lima negara yang diseleksi.

Pada pertemuan mereka dengan PM Dung, Ketua WEF Klaus Schwab dan perwakilan dari hampir 20 pemimpin grup perekonomian dunia,menyatakan minat mereka dalam mencari kesempatan investasi di Vietnam.

Sejumlah kontrak penting ditandatangani oleh delegasi bisnis Vietnam yang menyertai PM dan Swiss Credit Suisse.
Mereka memasukkan pinjaman US $1.7 milyar untuk Vietnam Shipbuilding Corporation dan Vietnam Maritime Corporation untuk perkembangan produksi dan persetujuan kerangka kerja dalam pinjaman US $50 juta untuk Vietnam Agriculture dan Rural Development Bank untuk membantu kegiatan dalam memulai usaha Vietnam dalam mengimport barang-barang dari negara-negara Eropa.

Dalam kesempatan itu, Vietnam Machinery Installation Corporation mendiskusikan dengan Technip group dalam pendirian kerjasama usaha untuk membangun kilang minyak dan pabrik kimia.

Pada 28 Januari, PM Dung dan rombongannya tiba di Hanoi, mengakhiri kesuksesannya dalam kunjungan resminya ke
Italia dan perjalanannya untuk menghadiri WEF.(VNA)

Sumber:www.nhandan.com.vn

Share This