Select Page

Bagaimana pemasangan control valve yang benar, seperti dalam kasus tekanan operasi pada pipa utama (main line) adalah sekitar 500 psig, pipa tersebut akan dihubungkan dengan pipa dari suatu pabrik yang membutuhkan tekanan 100 psig dengan volume gas 10 mmscfd

Berikut adalah tanggapan dari rekan Mailing List Migas Indonesia lainnya:

Pembahasan selengkapnya mengenai Control Valve Selection

Tanya:

Iskandar – Pertamina DOH Sumatera Bagian Selatan

Mohon pencerahan tentang bagaimana pemasangan control valve yang benar, seperti dalam kasus ini yaitu tekanan operasi pada pipa utama (main line) adalah sekitar 500 psig, pipa tersebut akan dihubungkan dengan pipa dari suatu pabrik yang membutuhkan tekanan 100 psig dengan volume gas 10 mmscfd, pertanyaannya :

1. Apakah bisa langsung dengan menggunakan 1 unit control valve yang mampu mengurangi tekanan dari 500 psig menjadi 100 psig ?. Adakah batas maksimum Delta Pressure (DP) yang dapat ditahan oleh control valve ?.

2. Apakah hal di atas akan menimbulkan icing pada pipa ?.

3. Apakah dengan menggunakan control valve secara bertahap ?. Sampai berapa tingkat (2 atau 3 control valve) ?.

4. Bagaimana dengan kebisingan yang ditimbulkan jika pemasangannya hanya satu control valve ?. Atau dengan menggunakan 2 control valve ?.

Terima kasih sebelumnya, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

Jawab:

Anthon Panggabean – Alpan Stardash

Karena pertanyaannya sudah mencakup akan hasil akhirnya dari aplikasi yang dimaksud, saya sarankan agar Mas bisa memberikan perincian service condition ke vendor dari control valve, juga kita ganti judulnya menjadi valve selection, maka mereka akan melakukan sizing dan memberikan rekomendasi untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

Saya mengetahui ada beberapa merek yang bisa mengurangi P2 dengan Delta Pressure yang sangat berbeda jauh antara lain dengan sistem Multi Stage, merek Valtek (Tiger tooth), dan juga merek Fisher dengan Whisper trim-nya. Tentunya masih ada merek-merek yang lain.

Selengkapnya:

Share This