Kondisi outlet Mixed Bed (MB) yang baik untuk water inlet boiler memiliki pH sekitar 7.8 – 10. Kondisi pH sangat tergantung dari pH water inlet MB,sedangkan konsentrasi NaOH dan HCl sudah di set oleh manufakture yang bersangkutan disesuaikan dengan kapasitas / volume resin yang terdapat di dalam tanki /vessel MB. Biasanya terdapat pre-treatment sebelum masuk MB sehingga pH-nya sesuai dengan rekomendasi boiler yang terdapat di O&M manual-nya.

Cuplikan dari pembahasan Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat di halaman berikut:

Tanya:

Dedy Novandi

Saya membutuhkan informasi mengenai hal di bawah ini:

Faktor apa saja yang bisa menyebabkan rendahnya pH air produksi demineralization plant dengan system mix bed?

Apakah konsentrasi NaOH dan HCl yang tidak berimbang pada saat regenerasi
juga bisa menyebabkan pH rendah?

Buku apa saja yang membahas masalah air boiler beserta pengolahan dan pernyelesaian permasalahannya?

Jawab:

linda

Untuk demin water yang mengunakan mix bed kalau dijalankan atau saat regenerasi sesuai dengan kondisi design yang mana konsentrasi chemical, waktu regenerasi, volume chemical yang digunakan mengikuti hasil design maka masalah pH tidak akan terjadi karena keluaran dari Mix bed pH water adalah 7.

Karena design untuk demin water itu tergantung dengan kondisi Raw waternya dan itu pun menyangkut dengan kondisi regenerasinya.

Masalah Literaturnya cukup banyak. hanya kalau membahas secara kusus tentang demin water dan permasalahannya itu sulitdi dapaat dalam negri adanya di luar. tapi coba aja baca buku ‘NALCO’.

di samping masalah chemical mungkin ada yang lain penyebabnya, tetapi tidak dapaat saya jelaskan karna say tidak tau kondisi deminwaternya dll.

ya begitulah sedikit penyelasan dari saya semoga bermanfaat .

irvan

Kondisi outlet Mixed Bed (MB) yang baik untuk water inlet boiler memiliki pH sekitar 7.8 – 10.

Kondisi pH sangat tergantung dari pH water inlet MB,sedangkan konsentrasi NaOH dan HCl sudah di set oleh manufakture yang bersangkutan disesuaikan dengan kapasitas / volume resin yang terdapat di dalam tanki /vessel MB. Biasanya terdapat pre-treatment sebelum masuk MB sehingga pH-nya sesuai dengan rekomendasi boiler yang terdapat di O&M manual-nya.

Selengkapnya: