Select Page

cara pencegahan / mengurangi pertumbuhan karang laut dalam pipe line untuk sea water cooling line yang paling tepat adalah dengan pemberian dosis antifouling yang tepat, kebesaran pipa relatif bersih tidak ada karangnya, tapi bagaimanapun antifoiling agent itu toxic.

Berikut adalah pembahasan Diskusi Mailing List Migas Indonesia yang telah berlangsung pada bulan November 2006

indras1410

Rekan sekalian,

Mohon informasinya mengenai cara pencegahan / mengurangi pertumbuhan karang laut dalam pipe line untuk sea water cooling line.
Apakah bisa dilakukan dengan menggunakan seawater filter yg kita tambahkan dengan chemical injection??

roeddy setiawan

Pak Indra,

pemasangan seawater filter, apalagi kekecilan mesh nya. mungkin malah akan membebani group maintenance yang bolak balik melakukan periodic cleaning.

saya rasa yang paling tepat adalah dengan pemberian dosis antifouling yang tepat, kebesaran pipa relatif bersih tidak ada karangnya, tapi bagaimanapun antifoiling agent itu toxic. kekecilan pipanya cepet bumpet.

kalau kondisi memungkinkan anda bisa ambil dari kedalaman yang cukup dalam, say -60 ft tapi kalau plant anda di pinggir pantai yah saya kira yang terbaik kerja sama dengan chemical suplier anda.

Kalau kebetulan ada fund nya dan plant anda di pinggir laut. alternatif lain, cooling waternya jangan once through. di alirkan ke tambak tambak biar dingin dengan memenfaatkan natural evaporation, terus di recycle lagi plus make up. jadi kebutuhan chemicals nya jauh berkurang.

kalau anda di shalow water apalagi didepan muara sungai wah pening ballancing antara right dosage dengan environmetal concern. ganti saja pakai air cooler.

Selengkapnya:

Share This