Select Page

Sebenarnya kata proaktif itu tidak ada dalam kamus atau pun ensiklopedia. Kata proaktif digunakan pertama kali pada buku Steven R. Covey yg berjudul The 7 habits … yg terkenal itu. Mr. Covey ingin menunjukkan lawan dari kata reaktif yg saat itu belum ada terminologinya.

Rama

Saya sering mendengar istilah ‘proaktif ‘ disebut sebut oleh banyak pejabat, Cuma sampai saat ini masih bingung karena ada beberapa istilah yang terkait seperti:

* Aktif

* Reaktif

* Hiperaktif

* Proaktif

Pertanyaannya adalah dimanakah sebenarnya posisi Proaktif, apakah disisi aktif atau disisi reaktif ? Ayo.kali ini tidak ada jam dindingnya, akan tetapi saya yakin rekan rekan milis mau sharing

Zaki

Kalau saya sih lebih menganggap proaktif itu sudah ‘kelewatan’ dalam arti sebetulnya aktif sendiri sudah mencukupi, tapi karena arti aktif tereduksi maka dibuat istilah baru proaktif. Proaktif itu kan menggambarkan adanya inisiatif untuk aktif, padahal kalau tidak ada inisiatif, orang tidak akan aktif bukan? Jadi saya menganggap proaktif itu turunan aktif. Btw kenapa tidak ada kontraaktif coba?

Arif Ansori

sekedar sharing,

Istilah Proaktif menurut saya adalah gabungan untuk Aktif bereaktif yang positif (nach tambah bingung khan?) dan beberapa orang mengistilahkan Promt Action atau istilah lain cepat tanggap terhadap permasalahn yang ada.
Jadi pengertian yang lebih luasnya adalah bergerak cepat dan cepat tanggap untuk menjemput bola dengan tetap mengedepankan pertimbangan-pertimbangan yang tidak bersifat emosional dan destructive.

Pembahasan selengkapnya Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia:

Share This