Yunani dan Italia merencanakan untuk membangun 220-km pipeline yang akan mentransport 8 milyar cu m/tahun gas dari Capsian Sea ke Eropa melalui Turki mulai tahun 2011.

Penulis:Uchenna Izundu

International Editor

Yunani dan Italia merencanakan untuk membangun 220-km pipeline yang akan mentransport 8 milyar cu m/tahun gas dari Capsian Sea ke Eropa melalui Turki mulai tahun 2011. The protocol of intent ditandatangani tanggal 31 Januari di Athena oleh Menteri Pembangunan Yunani Dimitris Sioufas dan rekan Italianya, Pierluigi Bersani.

Kedua negara tahun depan akan memulai membangun subsea underwater pipeline antara pesisir barat Yunani dan selatan Italia. Edison SPA Italia dan Depa Yunani masing-masing akan memiliki kapasitas 80-20 transmisi dalam pipeline, yang disebut Italy Greece Interconnector (IGI). IGI akan dihubungkan pada pipeline yang ada yang menghubungkan Turki dan Yunani, dan akan mulai operasi selambatnya pada tahun ini.

Third parties juga akan menambah akses ke beberapa tambahan kapasitas IGI. Perusahaan-perusahaan setuju untuk menukar sejumlah besar gas di virtual Italian Swap Point, yang mengkontribusikan dalam pendirian penukaran gas.

Edison dan Depa telah siap memulai negosiasi untuk menyuplai gas dari negara-negara yang sedang berproduksi di Caspian Sea basin dan dengan begitu itu akan melintasi pipeline.

Edison mengatakan bahwa janji dari pemerintah akan memfast-track konstruksi pipeline karena kepentingan strategi dengan Uni Eropa dalam berbagai suplai gas. Rusia mensuplai kira-kira 25% dari kebutuhan gas di barat Eropa.

Sumber:www.ogj.com