TMR atau Triple Modular Redundancy, semua bagian dari system (Processor, IO-Bus, dan I/O Module) terdiri dari 3 bagian terpisah (modular). Meskipun tidak harus, banyak diantaranya yang juga menerapkan 3 buah sensor atau yang sering disebut sebagai triplet input.

Waskita Indrasutanta

Karena topik sudah mulai bergeser, saya ganti saja topiknya dan bagian lain saya hapus, karena pada email ini saya hanya akan menuliskan penjelasan mengenai pertanyaan dibawah.

Memang untuk aero industry system yang digunakan agak berbeda dari yang digunakan untuk process industry. Sebenarnya ide mengenai TMR asal muasalnya datang dari NASA, tetapi entah bagaimana, ide ini lebih banyak diterapkan ke industri proses (saya kurang tahu kalau ini juga banyak diterapkan di aeronautical industry), yang meskipun pembuat TMR mulanya dari AS, tetapi lebih dipakai oleh pengguna di Eropa sehingga pabrikan yang hijrah ke Eropa, dan anehnya kini hijrah kembali ke AS.

Saya coba jelaskan sedikit mengenai TMR sebagai berikut :

TMR atau Triple Modular Redundancy, semua bagian dari system (Processor, IO-Bus, dan I/O Module) terdiri dari 3 bagian terpisah (modular). Meskipun tidak harus, banyak diantaranya yang juga menerapkan 3 buah sensor atau yang sering disebut sebagai triplet input. Ketiga modul tersebut berjalan secara bersamaan dan synchronized. Masing-masing modul tersebut sebagai safety system melakukan melakukan diagnosanya di masing-masing module serta melakukan diagnosa dan perbandingan dengan 2 modul yang lain. Dalam diagnosa perbandingan tersebut dilakukan voting yang disebut 2 out-of 3 (2oo3), yang artinya kalau 2 module mengatakan ‘ya’ sedang satu yang lain mengatakan ‘tidak’, maka yang dianggap benar adalah suara terbanyak yaitu 2 atau idealnya ketiganya mengatakan hal yang sama. Demikian pula kalau kita mempunyai 3 buah sensor, misalnya seperti contoh Pak Yoga ada 3 buah limit switch (pada tempat yang sama) pada pintu pesawat terbang, kalau 2 mengatakan pintu ‘terbuka’, sedangkan 1 mengatakan ‘tertutup’, maka system akan menganggap bahwa yang benar adalah ‘terbuka’. Selanjutnya system akan memproses dengan hasil voting ini. Kalau forum tidak tercapai (ketiganya mengatakan hal yang sama) berulang-ulang, pada jangka waktu tertentu, system akan memberikan alarm, dan kalau melebihi batas waktu yang lebih lama lagi, module yang menyatakan berbeda itu dinyatakan gagal.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: