Shielding gas/internal shielding gas pada pengelasan TIG tidak hanya argon yang bisa digunakan tetapi helium juga dapat digunakan sebagai shielding dan nitrogen sebagai internal shielding gasnya.

Tanya:

Rofiudin

Yth. bapak dan ibu semua.

Saya mau tanya hal yang sebetulnya mungkin akan super sepele bagi orang yang berkecimpung di welding, pertanyaan ini timbul hanya karena ada yang minta banding ke orang yang lebih tahu mengenai welding.(Sengaja pertanyaan dibuat sangat dasar agar tidak memihak kedua belah pihak, Si W adalah welder pengalaman 15 th katanya, Si T pernah training Introduction to the welding oleh TWI).

1. Perlukah saat pengelasan argon (TIG/GTAW) pada Carbon Steel digunakan infus argon pada bagian sisi dalam pipa yang dilas?

.

2. a). Si W menjawab tidak perlu bahkan tidak boleh, karena infus argon ketemu Carbon steel malah akan membuat rusak pengelasan/keriting. (apa pendapat anda tentang jawaban ini).

b). Si T menjawab mungkin tidak pakai infus karena mahal, toh pipanya hanya carbon steel, kalau pakai infus pastinya akan lebih baik karena tidak ada kehadiran oksigen. (apa pendapat anda tentang jawaban yg ini).

c). Jawaban bapak2 sendiri untuk pertanyaan no 1 apa?

Sekarang mengenai cara infus itu sendiri misal pada pengelasan Alloy atau gampangnya SS:

3. a). Si W bilang satu sisi dimasukkan slang dan ditutup rapat, sisi lainnya ditutup rapat dan argon botol argon dibuka untuk aliran argon.

b). Si B bilang ya betul begitu tetapi yang ujung lawannya slang di lubangi, karena kalau tidak dilubangi pada saat akhir dari welding akan porosity oleh desakan argon dari dalam.

c). Bagaimana menurut pendapat bapak.

4. Hari senin akan dilakukan percobaan bila kedua belah pihak masih mempertahankan pendapatnya masing2 dimana welder akan bilang : tidak bisa dilas karena penyatuannya susah, satunya bilang : ya tetap bisa dilas, bahkan mungkin lebih baik.

Maaf pertanyaannya banyak dan dirinci, karena jawaban ini nantinya akan dibaca oleh kedua pihak.

Berikut adalah pembahasan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia atas pertanyaan diatas: