Pada PLC 5 / 40 E terdapat fasilitas changeover dari primary ke sekunder sebagai backup dengan adanya card BCM, dengan syarat bahwa semua data yang ada di primary, baik timer, interlock,dll harus sama persis pada plc sekundernya, namun karena output dari PLC itu dari sekunder ke host (DCS omputer) maka bila yang hang itu sekundernya maka otomatis output dari plc juga ikut hang meskipun primary PLC nya tidak ada masalah, hang hanya ikut terjadi pada host komputer saja, sedangkan aplkasi dilapangan tetap jalan karena masih mengacu pada plc primary nya.

Tanya : yona

matur nuwun sebelumnya, tepat sekali apa yang dikatakan pak cahya,

Pada PLC 5 / 40 E terdapat fasilitas changeover dari primary ke sekunder sebagai backup dengan adanya card BCM, dengan syarat bahwa semua data yang ada di primary, baik timer, interlock,dll harus sama persis pada plc sekundernya, namun karena output dari PLC itu dari sekunder ke host (DCS omputer) maka bila yang hang itu sekundernya maka otomatis output dari plc juga ikut hang meskipun primary PLC nya tidak ada masalah, hang hanya ikut terjadi pada host komputer saja, sedangkan aplkasi dilapangan tetap jalan karena masih mengacu pada plc primary nya. menurut pak cahya, solusi terbaik ntuk memodifiaksi dh+ dan ethernet itu bagaimana ? karena menrut pandauan manual book yang saya baca kita harus tahu alamat dari PLC tersebut untuk terkoneksi dalam ethernet, dari penjelasan pak cahya masih ada beberapa hal yang masih mengganjal di pikiran saya, bgaimana cara mengkonfigurasi dh+ dan ehternet dalam wonderware, bagiamana konfigurasi terbaiknya ?

mohon pencerahan……..

Tanggapan 1- Muh. Amrah

Kalau yang port nya bisa lihat ke www.moxa.com

Tanggapan 2 – aam@softhome.net

Sebaiknya anda membedakan tag antara Dh+ dengan Ethernet. elanjutnya di wonderware anda buat ‘Tag Indirect’ yang bisa dipakai oleh ag2 tsb ecara bergantian . Dan Indirect tag ini yang terhubung langsung ke display edang tag IO yang berhubungan langsung dengan IO Server.
Selanjutnya di script wonderwarenya valuenya … diset berdasarkan tatus mana IO yang active .. ( mungkin berdasarkan status PLC-nya atau anda endefenisikan atu variabel tertentu ). adi nanti tingal di pilih

Rangkuman Diskusi selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: