Dunia Process Safety memang berkembang seiring dengan ketertarikan para pemodal dengan data statistik. Kita sering berpendapat bahwa masuknya ilmu statistik pada dunia Safety bertujuan untuk membuat plant yang akan dibuat super safe yang kemudian kita terjemahkan menjadi ‘lebih mahal’. Padahal yang tersembunyi di balik itu adalah masuknya ilmu statistik tersebut pada dunia engineering adalah agar Plant dibuat dengan sepatutnya dan memberikan CAPEX dan OPEX paling rendah, tidak berlebihan akibat faktor kualitatif dan subyektivitas.

Administrator Migas

Migas Indonesia,

Saya diajak diskusi via japri mengenai LOPA oleh beberapa rekan instrument engineer. Tapi waktunya kurang tepat karena ternyata kesibukan kerja + organisasi meningkat pesat di awal tahun 2007. Malam minggu ini saja saya harus mempersiapkan bahan untuk offsites meeting di Karawaci pada hari senin s/d rabu besok. Jadi saya lempar ke milis saja yah untuk ditanggapi oleh rekan-rekan instrument engineer yang lainnya.

Saya harap Sdr. Mefredi bisa ikut aktif di diskusi ini karena sewaktu kita melakukan SIL Assessment & LOPA untuk beberapa platform di BP West Java bekerja sama dengan EXIDA, beliau yang bertindak sebagai leader, dengan anggotanya salah satu adalah saya. Itu juga part timer karena ada kesibukan kerja yang lain :).

Saya lampirkan 2 attachment sebagai bahan diskusi.
Selamat berdiskusi, dengan senang hati saya akan membuat rangkuman diskusinya bila sudah selesai.

Tanggapan 1 – Anshori Budiono

Artikelnyanya bagus sekali. Dunia Process Safety memang berkembang seiring dengan ketertarikan para pemodal dengan data statistik. Kita sering berpendapat bahwa masuknya ilmu statistik pada dunia Safety bertujuan untuk membuat plant yang akan dibuat super safe yang kemudian kita terjemahkan menjadi ‘lebih mahal’. Padahal yang tersembunyi di balik itu adalah masuknya ilmu statistik tersebut pada dunia engineering adalah agar Plant dibuat dengan sepatutnya dan memberikan CAPEX dan OPEX paling rendah, tidak berlebihan akibat faktor kualitatif dan subyektivitas.

Semoga diskusi nya berlanjut dan bisa berguna buat kita semua yang bergerak di rekayasa fasilitas. Ada yang mau saya tanyakan sebagai pembuka diskusi. Berhubung saya ini orang awam, jadi mungkin pertanyaan saya sedikit mendasar.
Mudah2an teman2 instument dan atau process safety berkernan menjawabnya:

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Januari 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut :