Select Page

Dalam manajemen modern internal audit adalah keharusan. Dalam proses manajemen kita kenal dengan singkatan POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling). Audit internal adanya di proses ‘Controlling”.Proses manajemen adalah tanggung jawab Top manajemen Presdir atau Dirut.

Tanya – D_Suryana

Adakah diantara kawan – kawan milis migas memiliki departemen Internal Audit / SPI, khususnya yang berstatus PMA. Saya berharap bisa shearing informasi, baik dari struktur organisasi, policy, dll.

Tanggapan 1 – sriandayani

Di tempat saya bekerja (Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan) memang ada Internal Audit VI (IAD VI) yang pusatnya ada di Jakarta.Tapi bukan PMA.Mungkin bisa membantu sharing informasi.

Tanggapan 2 – dirman.artib

Pak Dedy/Ibu Sri & rekans,

Tidak salah jika sebuah perusahaan memiliki sebuah deprtement Internal Audit karena tidak ada pelanggaran peraturan atau standard yang ada ‘break legislation’. Tetapi aktivitas audit internal adalah aktivitas yang sifatnya ad hoc dalam hal rencana audit/ ‘audit plan’.

Sebaiknya and baca dulu referensi ISO 19011:2002 – Panduan audit untuk combine/single QMS/EMS untuk memahami hal-hal fundamental dalam aktivitas dan management audit.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This