Select Page

helmet itu ‘usia’ pakainya adalah 2 tahun setelah tanggal dibuatnya, walaupun ianya tidak pernah digunakan/ disimpan di dalam lemari.

Tanya – Darmansyah

Dear All

Saya ingin menanyakan apakah ada ketentuan umur maksimal dari Safety Helmet ? Karena di setiap safety helmet ada stamp yang menunjukkan bulan serta tahun pembuatannya.

Terima Kasih atas atensinya

Tanggapan 1 – Hari Subono

Dear Pak Darmansyah,

Sebenarnya Bapak dapat menanyakannya langsung kepada supplier namun seringnya mereka juga tidak mengerti bahkan tidak jarang mereka menjual safety helmet yang telah ‘expired’.

Sepengetahuan saya helmet itu ‘usia’ pakainya adalah 2 tahun setelah tanggal dibuatnya, walaupun ianya tidak pernah digunakan/ disimpen di dalam lemari. Saya pernah menerima penjelasan bahwa bahan/ material safety helmet yang digunakan dapat bereaksi dengan udara bebas dan membuatnya menjadi rapuh. Dan pernah didemonstrasikan dua safety helmet dari brand yang sama namun yang satu telah ‘expired’; sama-sama dijatuhi palu seberat 2 kg dari ketinggian 5 meter, yang baru tidak pecah sedangkan yang telah ‘expired’ pecah.

Safety helmet juga sebenarnya tidak boleh ditempeli oleh sticker-sticker apapun; kontradiksi memang dengan yang kita alami karena setiap kontraktor diminta/ diwajibkan untuk menempelkan sticker yang menandakan bahwa kita telah mendapat safety induction.

Tanggapan selanjutnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Januari 2007 dapat dilihat dalam file berikut :

Share This