Select Page

Penghitungan Fire and Explosion Hazard Index ini pertama kalinya digagas oleh AIChE (American Institute for Chemical Engineers) sejak tahun 1967 dan telah mengalami revisi sebanyak 6 kali sepanjang hayatnya. Cara ini sangat cepat dalam menentukan Fire Case (dalam bentuk Index) di dalam chemical plant dengan menentukan terlebih dahulu area/unit process yang ditinjau, kemudian melakukan penentuan faktor material (material factor ini adalah ukuran energi potensial yang dirilis oleh material yang ditinjau, dalam hal ini sebagai contoh adalah antara trinitrotoluena dan methilmetakrilat pasti berbeda nilainya) dan dilanjutkan penentuan F1 (general process hazard factor) dan F2 (special process hazards factor). Langkah berikutnya adalah memperoleh hasil perkalian F1 x F2 = F3. FE & I Index adalah hasil perkalian antara F3 x Material Factor.

Tanya – Ali Mustofa

Dear all friends,

Saat ini kami sedang melakukan review fire water capability sbg salah satu recommendation dari insurance kami. Dan step awal utk review kita harus melakukan fire case study utk beberapa significant fire case. Dari data yang ada kami menentukan bahwa beberapa fire case yang akan dijadikan untuk menentukan required capacity dari fire water system. Dan dari beberapa reference yang kami baca, required fire water capacity tergantung dari banyak factor spt ; qty dari flammable gas or liquid yang release dari equipment yg failure, besarnya fire yang terjadi, operating condition dari failure equipment, equipment apa saja yang terdekat dari sumber api, wind velocity & others environment condition. Hasil dari review ini adalah kita akan tahu berapa fire water capacity terbesar yang diperlukan utk mengcover fire case yg terjadi baik utk fire fighting, untuk cooling tank or equipment yang masuk dalam jarak tertentu.

Sebenarnya kami sudah menemukan salah satu free software yang bisa estimasi fire case spt di atas yaitu ALOHA, yang kami dapet dari download from internet. Tetapi kami kurang begitu confident result dari software tsb.
Untuk itu kami mohon input dari rekan2 sekalian yang mungkin punya pengalaman or expert di hal2 spt ini. Or di antara rekan2 ada yang tahu konsultan yg capable utk melakukan fire case study spt ini.

Kami tunggu saran dari rekan2 dan terima kasih sebelumnya,

Tanggapan 1 – peddy nesa

saya coba share informasi yg saya ketahui, mungkin rekan rekan yang lebih berpengalaman bisa mengkoreksi dan menambahkan..

typicalnya fire water supplies range 2500 gpm to 12000 gpm (570 – 2700 m3/h) untuk average sized plants. up to greater than 20000 gpm (4500 m3/h) untuk world -scale plants. Minimum water supply defaultnya 4 jam. Instalasinya bapak dapat lihat di NFPA 20.

Pressure fire main pump at least 6 barg dan fuel supply for pump paling tidak sekitar 8 jam..

emang semuanya nanti terpulang pada ‘culture’ pabrik bapak.. yang saya sebutkan diatas hanya default – defaultnya saja btw, software freenya boleh juga tu.. bisa tau addressnya gak

sources: cigna energy department London

Tanggapan 2 – Suryanto, Slamet

Pak Ali Mustofa,

Pendekatan fire management yang sedang dilakukan oleh Insurer anda adalah performance-based fire protection design dimana potential dan reasonable fire scenario harus diidentifikasi sebelum merancang fire protection system. Umumnya untuk menjustifikasi itu diperlukan software untuk mensimulasikan fire case, dimana terdapat setidaknya 2 pilihan modeling, yaitu zone model atau computational fluid dynamics. Secara keseluruhan fire case identification merupakan salah satu tahapan dalam fire hazard analysis atau FERA (fire & explosion risk assessment).

Sedangkan yang disampaikan oleh Pak Peddy adalah pendekatan prescriptive yang umumnya mendasarkan pada regulasi, company procedure, practice, dll dan ini lebih cenderung berdasarkan insiden yang lalu daripada mencoba mencari melihat ke depan dan menentukan apa yang dapat terjadi atau apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi bahayanya sehingga kebutuhan fire water dapat dihemat. Namun demikian untuk disain instalasinya tetap mengacu kepada code/standard yang ada.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia bulan Januari 2007 ini untuk selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :

Share This