Pada fase konstruksi, pig berfungsi membersihkan construction debris, perform line filling/dewatering untuk hydrotest termasuk melakukan inspeksi geometri. Pada fase operasional, pig berfungsi membersihkan pipe walls, remove condensate, memisahkan dissimilar product dan mendeteksi physical damage/corrosion/cracking.

Tanya – hendy

Dear milisters,

Saya mau menanyakan tentang pigging…

untuk case flowline 4′ dengan panjang sekitar 8-10 km, apakah sebelum commissioning untuk membersihkan pipa-nya sebaiknya menggunakan pigging?

Jika memang lebih baik menggunaan cleaning pig, sebaiknya jenis pig yg seperti apa yg dipakai? mohon informasi vendor yg ada….

terima kasih,

Tanggapan 1 – ihwanulul.firdaus

Pak Hendy,

Untuk kasus pipeline dengan panjang sekitar 10 km, pig cleaning adalah mandatory. Metode flushing atau blowing biasanya kurang efektif untuk meremove kotoran seperti hydrate, wax etc yang terjebak didalam pipa sebagai akibat perbedaan kontur bumi. Pig cleaning menggunakan pig launcher yang dilewatkan di dalam pipa dengan driving force udara tekan, atau bisa juga didorong langsung dengan menggunakan aliran liquid sebenarnya jika tekanannya mencukupi.

Jenis pig yang dipakai sangat bergantung pada jenis kotoran yang ingin dibersihkan, dan sebagai catatan, Pig…termasuk Launcher dan Receiver-nya adalah vendor proprietary design. Jadi mungkin teman-teman vendor bisa menambahkan?

Tanggapan 2 – Bambang Sugiharta

Mas Hendy dan yang lainnya,

Anda bisa browsing ke www.migas-indonesia.com/klaras terus link (klik dua kali) ke logo girards.

Beberapa informasi mengenai jenis pig, prosedur pig,pig launching and receiving procedure, dealing with stuck pig, pig tracking, the art of pigging, etc ada didalamnya. Mohon maaf, karena kalo langsung ditulis disini agak banyak, malah takut mengganggu.

Tanggapan 3 – e-Director

Brush pig atau foan pig boleh digunakan… tetapi mungkin tidak bisa menghilangkan pitting corrosion 100%. Kalau acid cleaning, resultnya mungkin lebih baik…

Kami pernah membuat acid cleaning dan pigging, dan beza resultnya lebih baik acid pickling…

Tetapi bergantung pada budgetnya dan sensitiviti paip itu untuk tujuan apa….

Tanggapan selengkapnya :