Select Page

Design pressure itu ditentukan oleh Mechanical Engineer berdasarkan sifat2 fisis dan ketebalan logam pembentuk tank tersebut. Sedangkan MAWP adalah tekanan maksimum (yg terukur) dan diperbolehkan pada bagian atas tank/vessel tersebut.
Biasanya penentuan set pressure dari pressure-protecting device itu mengikuti besarnya MAWP. CMIIW.

Tanya – ‘Fakhri’

Dear All,

Saya mau tanya ttg definisi PSV set pressure dan tank design pressure untuk low pressure tank (0.1 barg).

Pemahaman saya selama ini, PSV set pressure dan tank design pressure itu sama harganya untuk tank yg baru dan lebih rendah dari design pressure untuk existing tank. Untuk exsting tank set pressure sama dengan MAWP.

Mohon sharing dari rekan-rekan Migas yg lain. Apa persyaratn menurut code dan standard? Saya rasa ada di API650?

Tanggapan 1 – edfarman@ikpt.com

Pak Fakhri,

Ini maksudnya safety device yang ada Atmospheric tank – API 650 seperti Breather valve (BV)?

Kalau PSV biasanya dipakai pada pressurized items. Saya asumsikan ini pertanyaan untuk BV.

Setting pressure untuk BV ini bisa bervariasi, tergantung misalkan: inbreathing/outbreathing flownya – biasanya ada rekomendasi dari vendor.

However set pressure BV ini tidak boleh lebih dari tank MAWP yang kita dapat dari kalkulasi. Untuk existing tank, tentu harus ada re-rating untuk actual conditionnya dulu (Bisa lihat API 653). Untuk detail design tank venting di atur di API 2000.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Fakhri

Betul ini untuk inbreathing /outbreathing. Tanknya nggak athmospheric betul, punya tekanan operasi 50 mbarg. Biasanya setting BV itu -5/70 mbarg. Saya biasa memberi design pressure di P&ID itu juga -5/70 mbarg, sama dengan settingan BVnya. Kira kira orang mechanical mendesign tanknya (MAWP) nya berapa? Di P&ID kan tidak kita kasih. Apakah MAWP itu sama dengan design pressure di P&ID atau lebih?

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Februari 2007 ini dapat dilihat selengkapnya dalam file berikut :

Share This