Select Page

Boiler post-service cleaning bisa di-schedule-kan secara periodic, tapi harus melihat typical condition masing2 boiler, misalnya seberapa cepat rates pertumbuhan metal oxide atau rates pembentukan scaling di boiler metal. Pada kondisi boiler yg dioperasikan dengan sangat baik, rates pertumbuhan metal oxide/ scale ini bisa hanya 1 micron per 1000 hours operasi (data survey CEGB plant di UK). Jika memungkinkan, utk mengetahui perlu tidaknya dilakukan chemical cleaning, secara sederhana bisa dilakukan pemotongan boiler tube sebagai sample untuk diukur(sebaiknya diambilkan dari area high heat flux) ketebalan serta konsentrasi lapisan passive & deposit serta kondisi lapisan/ deposition ini.

Tanya – mnugrohos

Yth milisters,

Mohon pencerahannya tentang berapa lama pengoperasian boiler yang membutuhkan cleaning.

Misalnya kita mempunyai sistem boiler integrated dengan pabrik (misalnya pabrik ammonia dan methanol) yang terdiri dari boiler-boiler dengan beberapa tekanan yang terintegrasi (100 bar, dan 35 bar). Kondisi chemistry steam drum selalu dijaga pada batas-batas kimia yang bagus dengan program phosphat. Sumber air BFW pun didapat dari sistem demin yang terjaga baik.

Kira-kira tiap berapa tahun boiler biasanya harus dilakukan chemical cleaning?
Apa justifikasi yang dipakai untuk melakukan cleaning? Apakah karena penurunan heat transfer, atau karena ada standar waktu operasinya? Apakah sebelum chemical cleaning harus di inspeksi dulu, kalau kotor di-cleaning tapi kalau bersih tidak usah di-cleaning?

Tanggapan 1 – herdanajaya

Selamat siang Pak Nugroho, sayang sekali Bapak masih ikut pola lama yaitu harus cleaning boiler, system tercanggih saat ini tidak ada lagi system chemical cleaning dan mechanical cleaning dan garansi clean seperti awalnya waktu dibeli.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia:

Share This