Select Page

ANGKA OKTAN (OCTAN NUMBER) adalah Angka indicator pada bahan bakar hidrokarbon jenis bensin yang menunjukkan kemudahan bahan bakar untuk menyala sempurna ketika bersentuhan dengan nyala api pembakaran (ignition) selama prose pembakaran. Angka Oktan ini merupakan perbandingan kadar % Iso Octane (CxHy, saya lupa detailnya) dalam campuran bahan bakar. Semakin tinggi % Octane dalam campuran bahan bakar maka semakin tinggi Angka Oktan-nya.

Tanya – jaka_QE

Halo rekan 2 semua, saya ada pertanyaan mengenai angka/nilai oktan yang ada pada BBM kita. Pertanyaannya :

1. Apakah angka/ nilai oktan itu?

2. Lebih cepat terbakar yang mana, nilai oktan besar atau kecil ?

3. Apa hubungan nilai oktan dengan maju/mundur nya waktu pengapian pada mesin?

4. Apa efeknya kalau waktu pengapian tidak tepat dengan jenis BBM yang digunakan ?

5.Saya pernah dengar istilah engine knocking, apa yang menyebabkannya ?

Mohon pencerahanya dari para pakar yang ada di komunitas ini, Maklum saya memang kerja di perusahaan motor tapi di bagian body part jadi agak gak ngerti… he he he… ?

Tanggapan 1 – Zulfakar Ali

Dear Pak Jaka,

Menurut pengetahuan saya:

1. nilai yang menunjukkan index anti knocking pada bahan bakar

2. Lebih cepat octane kecil

3-5. Semakin besar nilai oktan semakin sulit bahan bakar terbakar dengan sendirinya.Saat bahan bakar terkompresi dalam piston tekanan akan naik sehingga untuk bahan bakar yang mudah terbakar akan menyala sebelum mencapai titik mati atas, sehingga tenaga yang dihasilkan tidak maksimal dan blok mesin kadang bergetar/bersuara kencang (knocking) dengan mengatur waktu pengapian sesuai sifat mampu nyala bahan bakar maka akan didapat pengapian yang optimum (mengurangi knocking). pengaturan pengapian yang tidak pas akan mengakibatkan bahan bakar terbakar tidak pada saat piston di titik mati atas sesuai penjelasan diatas.

Mohon koreksi jika ada yang salah,

Tanggapan berikutnya dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This