Select Page

Kebutuhan kontainer pada suatu perusahaan pelayaran pertama tama diasumsikan dulu bahwa dalam perhitungan nanti day operation pada setiap kapal adalah full days operation per month, artinya tidak ada kondisi offhire, maintenance, kapal breakdown, dll sehingga menyebabkan kapal tidak beroperasi 30 hari per bulan.

Tanya – Ruddy Setiawan

Dear all,

Saya mempunyai kesulitan untuk menghitung kebutuhan minimal container pada sebuah perusahaan Pelayaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah kapasitas kapal (dalam TEUs), panjang perjalanan kapal pulang-pergi dari Port A ke Port B (dalam hari), jumlah muatan total selama satu bulan (dalam TEUs). Untuk mencari kebutuhan kontainer yang dibutuhkan diperlukan ilmu yang mendalam dalam bidang logistic (utamanya yang pernah berkecimpung dalam supply chain management). Adakah diantara rekan-rekan yang bisa membantu memberikan sebuah persamaan matematika mengenai ketersediaan kontainer/logistic ini?

Tanggapan 1 – Samidi

Mas Rudy,

Mari kita coba diskusikan kebutuhan kontainer pada suatu perusahaan pelayaran.

1. Pertama tama mari kita asumsikan dulu bahwa dalam perhitungan kita nanti day operation pada setiap kapal adalah full days opertaion per month, artinya enggak ada kondisi offhire, maintenance, kapal breakdown etc sehingga menyebabkan kapal tidak beroperasi 30 hari per bulan.

2. Kita sudahsepakati kontainer yg digunakan kapal adalah 20′(TEUs = Twenty foot Container equivalent Units)

Langkah pertama adalah menghitung:

Capacity Container perkapal = CCships dalam (TEUs) Jika pelayaran tersebut punya: X Kapal maka Sigma CCTotal adalah = CC ships . X ( in TEUs)

Tanggapan selanjutnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia lainnya dapat dilihat dalam file berikut :

Share This