Secara umum control valve biasanya bisa digunakan untuk aplikasi baik gas maupun liquid (misalnya punya fisher, valtek, masoneilan dsb-dsb). Kalau existing-nya digunakan untuk steam (temperatur operasi yang tinggi) mestinya dipakai untuk service water malah tidak masalah kecuali ada properties khusus dari waternya yang perlu konsideran lebih lanjut (misalnya waternya sangat corrosive dsb-dsb).

Tanya – Akhmad, Khaqim (Petrokimia Nusantara Interindo)

Rekan-rekan,

Saya punya control valve (ex. pressure control valve) untuk steam dengan nilai Cv=37. Lalu karena control valve ini nggak dipakai akan saya gunakan sbg level control untuk TCW tank.
Pertanyaan saya :

1. Apakah nilai Cv (selected Cv) dari control valve (Cv=37) bisa saya jadikan acuan untuk menjaid tolok ukur apakah valve ini bisa dipakai untuk keperluan level control untuk air ? Calculated Cv untuk air adalah 16.

2. Secara umum, bagaimana cara menentukan bahwa sebuah control valve yang tadinya digunakan untuk fluida tertentu, dengan kondisi operasi tertentu (pressure, temperature) apakah bisa digunakan untuk keperluan lain dengan fluida yg berbeda dan mungkin fasa yg berbeda serta kondisi operasi yg berbeda ? Parameter apa yg harus diperhatikan ? Kalau ada rekan-rekan yg expert di bidang instrument, sangat senang kalau ada yg mau share ilmunya. Trims,

Tanggapan dari pertanyaan diatas yang terangkum dalam Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: