Select Page

Leak detection techniques are based on either continuous or intermittent measurements of specific parameters. Intermittent leak detection methods are often able to detect smaller leak rates compared with continuous leak detection techniques.

Dirangkum Oleh : KBK Instrumentasi

Rekan-rekan Yth,

Maaf kalau pertanyaan saya sudah pernah dibahas berhubung saya baru mulai bergabung milis ini. Saya ingin mereview dan membandingkan produk pipe leak detection yang ada di pasaran. Yang saya harapkan bisa didapat dari rekan-rekan adalah apa nama produk-produk tersebut, sukur-sukur bisa dengan website addressnya, prinsip kerja dan prinsip perhitungannya, pengalaman penggunaan produk tersebut, berapa banyak probe yang dibutuhkan untuk dipasang, dsb info apa aja. Kalaupun hanya bisa disebutkan namanya saja saya sudah berterima kasih, akan saya cari infonya di internet. Aplikasinya akan dipakai di perpipaan panjang (bisa puluhan km per segmen). Satu concern lagi mengenai communication media, saya pernah dapat info mengenai teknologi yang menggunakan pipa sebagai media komunikasinya. Kalau cukup handal ini sangat cocok untuk aplikasi pipe leak detection ini. Mohon kalau yang punya info mengenai hal ini. Terima kasih.

Tanggapan 1 – Iwandana Soendoro ( ConocoPhillips Indonesia )

Kalau saya lihat ini leak detection untuk pipeline yah? Kalau iya judulnya dari instrument di ganti saja jadi pipa/pipeline biar orang pipeline lebih aware.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi adanya leak, alat yang digunakan juga berbeda antara onshore dengan offshore Biasanya kalau offshore dapat menggunakan intelligent pig mendeteksi dari dalam pipa atau dengan ROV melihat fisik luar pipa.

Kalau onshore tempo hari conference di Bandung ada yang memperkenalkan dengan metode gelombang electromagnetic. RR yang lain silahkan tambahkan. Salam

Tanggapan selengkapnya dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia ini selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :

Share This