Select Page

Warna kabel untuk instrumen tidak ditentukan di standard. Biasanya warna kabel ditentukan di Company Specification, misal untuk 2 core atau 1 pair dipakai warna hitam dan putih ada juga yang pakai hitam dan merah, untuk triad dipakai warna hitam, putih dan merah dll.
Yang perlu adalah untuk multipair harus ditunjukkan pair ke berapa. Seperti yang ditunjukkan di ANSI/ISA–S5.4–1991 Instrument Loop Diagram.

Tanya – viddy adrian waluyadi

Migas,

Saya mo nanya tentang warna kable untuk instrument dan fungsinya. Untuk standar yang menerangkan hal tersebut di standar apa, ataukah itu hanya selera masing2 orang saja.
terima kasih.

Tanggapan 1 – essam amar

Mas Adrian,

Sepengetahuanku, warna kabel tidak ditentukan di standard. Biasanya warna kabel ditentukan di Company Specification, misal untuk 2 core atau 1 pair dipakai warna hitam dan putih ada juga yang pakai hitam dan merah, untuk triad dipakai warna hitam, putih dan merah dll.
Yang perlu adalah untuk multipair harus ditunjukkan pair ke berapa. Seperti yang ditunjukkan di ANSI/ISA–S5.4–1991 Instrument Loop Diagram.
Mungkin ada teman yang mau menambahkan.

Tanggapan 2 – priyo_a_s

Pak Adrian,

Warna kabel biasanya memang ditentukan oleh spesifikasi perusahaan. Namun terkadang bilamana manufacture kabel tidak bisa memenuhi-nya, nantinya akan dipasang pelengkap kabel, seperti vynil/sleeves, yang warnanya akan ditentukan. Atau dari warna cable lug.

Tanggapan 3 – bagoes setiadi

Biasanya vendor kabel sudah merujuk ke standard tertentu Pak, ada yang pake BS, IEC, dsb. Tinggal kita pilih mana aja yg comply dengan spec kita. Maaf kalo ada yg kurang.

Share This