Ethernet PLC 5/40 E Allen bradley bisa saja digunakan untuk backup DH+ network, tapi jika terjadi perpindahan primer ke sekunder, ethernet pada PLC tersebut tidak bisa switch address, tidak seperti DH+ node address bisa berpindah.

Tanya – Yona Ariawan

Sugeng Siang, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang PLC allen bradley kepada bapak2 yang punya pengalaman dengan PLC allen bradley, ditempat saya bekerja salah satunya menggunakan PLC 5/40 E Allen bradley dengan sistem redundant, saat ini terkoneksi dengan sistem DH+ melalui interface card nya AB1784KT, dengan MMI nya menggunakan wonderware, yang ingin saya tanyakan :

1. saya ingin membuat sistem juga redundant untuk hostnya, yaitu selain menggunakan DH+ saya juga ingin menggunakan fasilitas ethernet yang disediakan oleh PLC tersebut. adapter apa yang harus saya pakai untuk koneksi utp dari ethernet card ke RS232 serial 15 pin, kalo bisa mungkin lebih spesifik nama dari konektor tersebut.

2. bagaimana mencari address dari PLC tersebut, saya coba untuk menggunakan RS LINX namun tetap juga tidak saya temukan.

3. kalau pada ab1784kt menggunakan software ABKT, kalau menggunakan ethernet card (LAN card) apakah benar menggunakan ABTCP ?

4. bagaimana konfigurasi untuk switching dari DH+ ke ethernet atau sebaliknya, dalam satu host komputer ( dengan menggunakan wonderware ) ?

terima kasih untuk pencerahannya,

Tanggapan 1 – Umar, Ismail

Mbak Yono coba produck dari Newport berupa adapter RS232 ke TCP/IP (Ethernet) seperti dapat anda lihat di website mereka berikut. http://www.newportus.com/index.htm

Tanggapan 2 – Cahya H.K

Pak Yona,

Saya coba menanggapi sesuai dengan kemampuan saya :

1. Ethernet PLC 5/40 E bisa saja digunakan untuk backup DH+ network, tapi sepengetahuan saya jika terjadi perpindahan primer ke sekunder, ethernet pada PLC tersebut tidak bisa switch address, tidak seperti DH+ node address bisa berpindah. Misal: address PLC A primer=1, PLC B sekunder =2, maka jika terjadi perpindahan, address menjadi PLC A sekunder=2, PLC B Primer =1. Hal ini tidak berlaku pada ethernet karena tidak di support oleh module BCM.

2. Apakah yang dimasud ethernet address ? Jika benar apakah etehernet address pada PLC sudah di configure ?.

3. Jika menggunakan ethernet,drivernya menggunakan ethernet to PLC 5 (AB_ETH)

4. I/O server apa yang digunakan pada wonderware ? apakah menggunakan RS LinX sebagai I/O server ?. Jika menggunakan RSLinx bisa kemungkinan besar bisa mengunnakan alias pada menu DDE/OPC dengan memberi V pada switch on error.

Jika ingin redundant link, apa tidak sebaiknya menggunakan control net saja ? Mohon koreksi dari teman-teman yg lain.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :