Select Page

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk kasus penawaran bidder di atas owner estimate.
Tapi untuk kasus Owner Cost Estimate (OE) nya meleset sampai 500%, perlu ditinjau kemungkinan untuk melakukan re-organisasi dan penempatan the right man on the right place.

Tanya – Cahyo Hardo

Rekans,

Kalau saya mempunyai pekerjaan dan saya tender-kan dan hasilnya, say the lowest bidder quote USD 5 million tetapi OE saya hanya USD 1 million, apa yang harus saya lakukan?

Tanggapan 1 – Bambang Sugiharta

Mas Cahyo,
kalo selisihnya sampai 4 juta dollar, ya pasti ada yang salah dengan OE nya, atau doc ITB (Instruction To Bidder) nya termasuk didalamnya scope of work kurang detail sehingga bidder menginterpretasi terlalu longgar. Biasanya ya ditender ulang, dengan memperbaiki doc tender dan dicek ulang OE nya. Secara internal tentu sampeyan harus mengajukan AFE ke BP Migas dulu. Kalo selisihnya cuma 10% diatas OE, anda bisa melanjutkan tender. Bisa juga OE nya sudah benar tapi pesertanya ternyata diatur sedemikian rupa sehingga mereka kompak untuk masuk diatas OE. Praktek seperti ini dulu sering terjadi, tapi sekarang mulai berkurang, karena sekarang ada pakta integritas yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan spt pertamina, conoco phillip, etc.

Tanggapan 2 – Andy Widjaja

Lakukan direct negotiation dg si lowest bidder

Tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia untuk pembahasan bulan Maret 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut :

Share This