Perbaikan kerusakan pipa, apakah itu karena korosi (lebih pada external korosi) sampai melakukan penambalan pin hole pada pipa, metode nya menggunakan metode wrapping, seperti insulation pipe, hanya pada wrapping jenis ini, wrap atau pembungkusnya sudah di campur dengan semacam resin chemical yang nantinya setelah di applikasikan dan terkena udara dan air (pada proses pengaplikasian mutlak di perlukan air!) wrap tersebut akan mengeras dimulai pada hitungan 30 menit, dan full cure pada 24 jam.

Tanya 1 – Sugeng Waluyo

Perkenalkan nama saya sugeng waluyo, saat ini saya sedang kesulitan mendapatkan informasi tentang ilmu per-pipa-an, terutama masalah perbaikan struktur pipa akibat korosi dan retak dengan cara mengaplikasikan penambal.

Rencananya saya akan meneliti penambal yg direkatkan dengan adhesive pada pipa. Pendekatan yg saya ambil adalah analitik dan semi analitik, sehingga hasilnya diharapkan dapat dibandingkan dengan pengujian dan FEM.
Saya mohon kiranya rekan-rekan bisa memberikan informasi dimana saya bisa mendapatkan teori mekanika struktur tambalan pada pipa yg lengkap dan mudah diakses. Atau kalau mungkin diskusinya juga.

Saya sudah berusaha membuka file diskusi yg lama, akan tetapi aksesnya selalu gagal.

terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Wpriatna

Geng,
Material pipanya apa,CS,SS,Duplex,Fibre.

Tanggapan 2 – Iwandana.Soendoro

Pak Sugeng,

Mungkin bapak dapat menginformasikan lebih detail lagi selain dari yang Pak Priatna tanyakan seperti Pipa untuk pipeline (onshore/ offshore) atau pipa untuk topside (piping) maaf penggunaan istilah ini kadang kala masih rancu Fluida apa yang di bawanya serta berapa design pressure nya Accuan standard yang dipergunakannya.

Tanya 2 – Sugeng Waluyo

Dear Pak Priatna

Saya merencanakan seandainya penelitian itu berhasil, perhitungan tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis material pipa yg selama ini umum digunakan. Karena setahu saya jika pendekatan dilakukan secara analitik variabel bebas yg digunakan biasanya E, G,
poisson ratio, alpha(koefisien muai akibat temperatur), bentuk, dan dimensi dari penambal,pipa,
dan adhesive.
Jadi dengan mengetahui jenis pipa dan dimensi serta jenis kerusakan yg terjadi kita bisa tahu melalui satu atau beberapa persamaan matematika yang sama, bagaimana kombinasi sistem tambalan (penambal dan adhesive) yg paling effisien.

Tanggapan 3 – Christiono S Wibowo

Yth. Pak Sugeng.

Kalau mengenai perbaikan kerusakan pipa, apakah itu karena korosi (lebih pada external korosi) sampai melakukan penambalan pin hole pada pipa. Kebetulan saya tahu dan pernah memegang salah satu produk untuk menangani masalah itu. Metode nya menggunakan metode wrapping, seperti insulation pipe, hanya pada wrapping jenis ini, wrap atau pembungkusnya sudah di campur dengan semacam resin chemical yang nantinya setelah di applikasikan dan terkena udara dan air (pada proses pengaplikasian mutlak di perlukan air!) wrap tersebut akan mengeras dimulai pada hitungan 30 menit, dan full cure pada 24 jam. Pada pengaplikasiannya wrap ini di dahului dan di akhiri dengan semacam epoxy (kebetulan namanya juga epoxy) yang berfungsi untuk filling wall thickness yang hilang atau keropos. Epoxy ini akan mengeras pada menit ke 10. Cure time diatas di assumsikan pada temp normal, lebih tinggi temperature akan lebih mempercepat cure timenya. Nah produk ini bisa di aplikasikan secara online tanpa harus shut down, selama tekanan dan temperature masih memungkinkan untuk applikator mendekat pada permukaan pipa. Artinya kalau temp dan tek terlalu tinggi dan dari sisi safety berarti harus di shut down. Dan bisa pada permukaan basah bahkan pipa tercelup sekalipun juga pada semua bentuk pipa, seperti elbow, T header bukan pada pipa lurus saja. Metode ini di gunakan untuk daerah-daerah yang harus menghindari welding.