Cara yang paling efficient untuk leak detection adalah dengan infrared dynamic imaging. Ini adalah salah satu cara remote sensing yang bisa mendeteksi diffusive gas emissions dari berbagai macam sumber. Saat ini US EPA sedang me-review metode ini dan diperkirakan akan segera menggantikan US EPA Method 21 untuk diffusive emissions monitoring.

Tanya – Suharyo Haryono

Rekan-rekan,

Adakah teman-teman yang punya pengalaman untuk mendeteksi kebocoran di aluminum braced HX?
Kami sedang punya challenge untuk mendeteksi kebocoran di equipment tersebut.

Sebagai gambaran, Unit tersebut punya 4 pass:

AA: Design Pressure 925 psi

BB: Design Pressure 925 psi

CC: Design Pressure 300 psi

DD: Design Pressure 300 psi

Kami kesulitan untuk membuktikan adanya kebocoran dan melokalisasi si sumber kebocoran. Saat ini, kami sedang mengecek kemungkinan untuk menggunakan Helium gas. Adakah metode lain untuk mendeteksi kebocoran di tipe Heat Exchanger tersebut?
Saya berharap ada rekan-rekan yang familiar dan mau berbagi.

Terima kasih,

Tanggapan 1 – Steven.Brown

Pak Haryo,

Cara yang paling efficient yang pernah kami lakukan untuk leak detection adalah dengan infrared dynamic imaging. Ini adalah salah satu cara remote sensing yang bisa mendeteksi diffusive gas emissions dari berbagai macam sumber. Saat ini US EPA sedang me-review metode ini dan diperkirakan akan segera menggantikan US EPA Method 21 untuk diffusive emissions monitoring.

Tanggapan 2 – Suharyo Haryono

Pak Steven,

Thanks untuk sharingnya.

Sepertinya itu metode yang bisa dicoba dan gak ribet-ribet amat. Kira-kira ada gak yang bisa menyediakan service tersebut di Indonesia atau Asia?

Kami ingin memastikan bahwa semua leak bisa teridentifikasi dan bisa direpair sekaligus.

Terima kasih,

Tanggapan 3 – Steven.Brown

Betul Pak. Salah satu keuntungan dari metode ini adalah leak bisa mudah terdeteksi dan repair work bisa langsung dilakukan. Di Indonesia, metode ini sudah tersedia dan bisa digunakan untuk memenuhi ketentuan dalam Kep Men LH No. 129/2003 tentang Baku Mutu Emisi Usaha dan atau Kegiatan Minyak dan Gas Bumi. Pasal 6 dari KepMen ini mewajibkan perusahaan migas untuk melakukan pengelolaan terhadap sumber-sumber yang berpotensi sebagai sumber fugitive emision.

Informasi lebih lanjut akan saya kirimkan melalui japri.

Tanggapan 4 – Suharyo Haryono

Pak Steve,

Thanks untuk informasinya. Semoga teknologi ini applicabe untuk kasus yang kami hadapi saat ini.

Adakah teman lain yang mau berbagi pengalaman?