Select Page

Penentuan posisi lokasi vibration monitor rack tergantung kepada keperluan dan kemudahan dari operation. untuk rotating equipment atau turbomachinery yang berada jauh dari central control building (ccb), sebaiknya vibration rack diletakkan di local panel RE tsb. agar pada saat start up/shut down atau steady state dapat dilihat value vibrationnya secara langsung dan itu membuat confidance dari local operatornya saat melakaukan kegiatan S/U, S/D atau SS.sebaiknyalocal panelnya dilengkapi juga dengan speed display.

Tanya – dili timor

Rekan2. Numpang tanya.
Adakah standard yg menyatakan vibration monitoring (indicator vibration) pada turbine or rotating equipment harus di pasang di lokal atau di kontrol room?
Atas sharenya di ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – RNv

Dear pak dili timor,

Pada dasarnya standard yang bapak tanyakan tidak ada. Penentuan posisi lokasi vibration monitor rack tergantung kepada keperluan dan kemudahan dari operation. untuk rotating equipment atau turbomachinery yang berada jauh dari central control building (ccb), sebaiknya vibration rack diletakkan di local panel RE tsb. agar pada saat start up/shut down atau steady state dapat dilihat value vibrationnya secara langsung dan itu membuat confidance dari local operatornya saat melakaukan kegiatan S/U, S/D atau SS.sebaiknyalocal panelnya dilengkapi juga dengan speed display.
Karena kebiasaan local operator saat S/U selain merefer ke data proses juga melihat speed (melihat up speed dan harus cepat2 melewati critical speed) dan vibration (krn ingin mengetahui besarnya vibrasi saat critical speed dan FSNL atau FSML). data vibrasi utk CCb cukup dikirim dengan sinyal 4-20 mA yang fasilitasnya sudah tersedia disetiap back plane dari vibration monitor yang designnya mengacu ke API 670. data diccb akan didisplaykan di DCS untuk refecence aja sedangkan untuk kebanyakan gas turbine generator outdoor. biasanya dipasang di local container/control room nya yang menyatu dengan GT itu sendiri. Jadi local control room sekaligus lokal panelnya. tetapi ini tidak berlaku di GT compressor. krn pada umumnya local control room nya ada di ccb. jadi intinya hanya kepada tingkat confidency dari local operator dalam mengoperasikan unit turbomachinery tsb.terutama saat S/U dan S/D. Sebaiknya bapak beri questioner dahulu ke operation mengenai lokasi penempatan rack vibration monitornya.krn kalau dipasang di local panel dari turbomachinery tsb, konsukkuensinya harus ada budget untuk menyediakan explosion proof cabinet yang dilengkapi air purging untuk rack vibration monitor yang akan dipasang di dekat mesin tsb.

Tanggapan 2 – Rofiudin

Pak sebaiknya diletakkan di panel lokal dan ditarik juga ke control room, karena fungsinya agak berbeda, di lokal bukan hanya masalah lebih percaya saja, tetapi akan sangat berguna pada saat selesai repair dan running test, start up, shut down atau pada saat inspection akan bisa langsung membandingkan antara sinyal and audio visual. Sementara yang di control room hanya untuk keperluan monitoring yang biasanya perlu juga dilengkapi recorder untuk bisa di print dan di lacak kapan dan bagaimana trending harga vibrasi, Terus bukankah setting gap dari sensor monitor enak kalau ada di dekat equipment tersebut?
Semoga membantu, maaf bila ada yang salah

Share This