Select Page

MOPS ( Mean (or Mid sama ) Oil Platts Singapore, isinya adalah harga dari product minyak (gasoil, mogas, jetA-1/kerosene, HSFO, LSWR, Naphtah etc ..) yang dipublish oleh publikasi Platts (selain Platss ada publikasi lain yg diakui para pelaku trading seperti APPI, Argus, FEOP, ICIS/LOR) untuk kawasan Singapore.

Tanya – N avie

Assalamualikum Wr. Wb,

Terima kasih saya diperkenankan bergabung dengan Milis Migas Indonesia.
Mohon informasi dan masukan dari semuanya mengenai trading Oil & Gas, karena saya saat ini bekerja di kantor trading Oil & Gas milik perorangan di Jakarta.

Banyak informasi yang menyebutkan harga minyak mengacu pada MOPS, apa itu MOPS dan bagaimana mengetahui harga MOPS secara update.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – Welly Susanto

Dear navie

Bisa update MOPS di www.bunkerworld.com

Tanggapan 2 – Muhammad Brajaka Kusuma

MOPS=Mids Oil Platt Singapore, standar harga minyak yg berasal dari Singapore.

Kepada bapak2 yg berkompeten tolong dikoreksi kalo ada yg salah.

Tanggapan 3 – Henry Bustani

Dear Sirs

Mohon maaf kalo ulasan saya kurang benar, sepengetahuan saya singkatan MOPS adalah Mean Oil Platt Singapore, yang artinya perhitungan harga untuk jual itu berdasarkan rata-rata harga minyak setiap hari. Contohnya adalah MOPS 2 1 2 artinya perhitungan harga 2 hari sebelum B/L diterbitkan lalu 1 artinya harga harga pada saat B/L dan 2 selanjutnya adalah harga 2 hari setelah B/L diterbitkan kemudian ke lima harga MOPS tersebut dirata-tatkan. Demikianlah ulasan dari saya.

Tanggpan 4 – Sani Dinar Saefuddin

MOPS ( Mean (or Mid sama ) Oil Platts Singapore, isinya adalah harga dari product minyak (gasoil, mogas, jetA-1/kerosene, HSFO, LSWR, Naphtah etc ..) yang dipublish oleh publikasi Platts (selain Platss ada publikasi lain yg diakui para pelaku trading seperti APPI, Argus, FEOP, ICIS/LOR) untuk kawasan Singapore.
Dalam publikasi hariannya (hari kerja di Singapore) tersebut Platts mengeluarkan hasil assesmentnya (high and low assesment,yg kemudian dijadikan acuan adalah nilai tengahnya (mean)) berdasarkan aktivitas trading dari para pelaku pasar setiap harinya yang terecord di windows platts.

Dalam melakukan transaksi fisik produk tersebut seringkali yg digunakan adalah floating price, contoh: pembelian MOGAS 92 dengan rumusan MOPS MOGAS 92 2-1-2 atau Gasoil 0.05%S dengan rumusan MOPS Gasoil 0.05%S 5-1-5, artinya adalah nilai tengah dari harga MOGAS 92 atau Gasoil 0.05%S 2 hari/5 hari sebelum tanggal BL, 1 hari pada tanggal B/L dan 2 hari / 5 hari sesudah tanggal B/L.

Tanggal B/L adalah tanggal muat dari produk yg dibeli disesuaikan dengan tanggal delivery yg diinginkan oleh pembeli.

Untuk memperoleh MOPS kita harus berlanganan publikasi Platts yg setahun nya sekitar US$60.000 (MOPS hanya bagian kecil dari content publikasi Platts).

Tanggapan 5 – Andhika, Ibnu

Salam kenal Pak Sani dan rekan2 milis,

Mohon pencerahan soal spec BBM Pertamina sbb;

a. Solar oplosan – sampai berapa % Kerosene (atau kontaminasi lain) bisa dibilang tidak layak pakai atau keluar dari spec Pertamina? – sama halnya untuk gasoline? Metode apa yg di pakai untuk menganalisa?

Sepengetahuan saya – pencampuran kerosene dalam diesel fuel no.2 cukup beralasan untuk musim dingin – anti-freeze. Tentu saja selama kerosene-nya bukan versi subsidi dan porsi yg tepat- mohon dikoreksi bias kurang tepat.

b. MFO – di Indonesia yg saya tahu cuma punya 1 pilihan buat residual diesel fuel dengan kekentalan sekitar 100 cSt pada 50C – kalo mengacu ke table ISO 8217 ini masuk yg mana pak? Apa Pertamina blending sendiri untuk dapat spec MFO yg ada di pasaran?

c. Dengan tren naiknya harga minyak dunia, apa mungkin MFO Pertamina akan mengarah ke IF180 bahkan IF700?

d. Biosolar – BBM ini di ‘oplos’/blending dimana? Maksud saya di masing2 SPBU atau di fasilitas Pertamina? Standard mutu Pertamina untuk ‘blend stability’ dari Biosolar minimum berapa lama? Soalnya kekentalan solar (HSD) dan biodiesel berbeda, apa ada kemungkinan dalam tangki timbun Biosolar SPBU terjadi endapan biodiesel didasarnya? (akibat ketidak stabilan emulsi)

Terima kasih banyak pak dan moga-moga berkenan memberi penjelasan.

Tanggapan 6 – N avie

Assalamualaikum Wr. Wb,

Terima kasih banyak atas informasi yang diberikan, saya sedikit mengerti tapi ada yang mau ditanyakan. saya sudah buka bunkerworld.com tapi saya tidak bisa menterjemahkan keterangan harga IFO380, IFO180, MDO dan MGO.

Produk yang dijual adalah Fuel Oil Grade M-100.

Juga jika diijinkan boleh saya japri kepada Bapak-bapak untuk keterangan lebih lanjut.

Share This