Select Page

Ada beragam cara sand control. Dari sisi populasinya, gravel pack adalah yg paling populer. Semenjak 10 tahun belakangan, fracpac semakin bertambah populer, terutama di GOM. Mengapa ?
Tujuan gravel pack hanyalah satu, yaitu mengurangi sand production.

Pembahasan – Doddy Samperuru

Bapak-Bapak,

Seperti kita ketahui bersama, ada beragam cara sand control. Dari sisi populasinya, gravel pack adalah yg paling populer. Semenjak 10 tahun belakangan, fracpac semakin bertambah populer, terutama di GOM. Mengapa ?
Tujuan gravel pack hanyalah satu, yaitu mengurangi sand production. Beliau tidak menambah laju produksi suatu sumur, malahan sebaliknya beliau menambah ‘skin’, artinya mengurangi laju produksi. Seperti sudah diketahui, FracPac adalah kombinasi antara gravel pack & proppant hydraulic fracturing. Artinya, selain mengurangi laju sand production, beliau dapat meningkatkan laju produksi. Back to basic, utk menentukan mana metode sand control yg paling efektif & cocok di suatu tempat, kita harus melihat banyak faktor. Tidak semua formasi cocok utk di fracpac.

Agak misleading kalau dikatakan fracpac lebih murah drpd gravel pack. Statement ini boleh benar kalau jenis fluida, sand & volumenya sama. Gravel pack akan lebih mahal krn kita memakai downhole tools (screen, packers, tubing, dsb.) dimana di fracpac pemakaian downhole tools tergantung kebutuhan. Secara teori, volume fluida & sand di fracpac akan lebih tinggi drpd gravel pack. Umumnya fracpac memerlukan fluida berviskositas tertentu, sementara gravel pack bisa menggunakan air biasa. Dari penjelasan ini, fracpac bisa lebih mahal drpd gravel pack.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :

Share This