Select Page

ASME tidak mengatur cara mendisign baik itu Wind maupun Seismic. Hal ini mengingat banyaknya variable yang harus dipertimbangkan dalam designnya, yang diatur hanyalah untuk memasukkan komponen ini sebagai additional load terhadap pressure yang ada (diatur di App. G sebagai Suggested Good Practice), dan diserahkan ke Code atau Standard Building atau Structure misalnya ASCE, UBC, IBC, ANSI dan yang lainnya, dan ini tidaklah mengganggu aturan ASME Stampnya.

Tanya – uci sanusi

Dear Rekan2 milis,

Saya ingin bertanya kepada para mechanical engineers, apakah ada yang punya peraturan ASME tentang design tall vessel, khususnya untuk perencanaan angin yang memuat tentang vortex shedding. Kalau boleh saya ingin meminta atau barter extract dari peraturan ASME tersebut yang memuat prosedur perhitungan vortex shedding untuk tall vessel, saya adanya sih code2 struktur. Jadi hanya extract dari peraturan bukan keseluruhan code.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Tanggapan 1 – h_magabe

P’Didi,

Setahu saya di ASME tidak mengatur cara mendisign baik itu Wind maupun Seismic. Hal ini mengingat banyaknya variable yang harus dipertimbangkan dalam designnya, yang diatur hanyalah untuk memasukkan komponen ini sebagai additional load terhadap pressure yang ada (diatur di App. G sebagai Suggested Good Practice), dan diserahkan ke Code atau Standard Building atau Structure misalnya ASCE, UBC, IBC, ANSI dan yang lainnya, dan ini tidaklah mengganggu aturan ASME Stampnya. Bila bapak ingin mengetahui bagaimana cara menghitung vortex shedding akibat angin, salah satu buku yang membahasnya lumayan dalam adalah Mechanical Design of Process Systems oleh A. Keith Escoe.Tapi Mechanical Engineer sekarang ini tinggal memilih Standard yang disyaratkan untuk Angin dan Gempa yang sudah build in di Software mechanical misalnya PV Elite atau COMPRESS, udah keluar semuanya.
Demikian dari saya barangkali yang lainnya bisa membantu.

Tanggapan 2 – uci sanusi

Terima kasih pa Magabe atas penjelasannya. Kalo buku tersebut apakah ada di Indonesia, atau Bp. punya, mungkin bisa saya copy begitu, heheheheh. Di ASCE 7.95, tidak diatur mengenai vortex shedding, dia hanya menyebutkan bahwa untuk hal ini dapat dilakukan wind tunnell test, karena pada beberapa paper conference yang saya baca, mereka mengacu ke ASME untuk perhitungan ini, makanya saya pikir ada di dalam ASME.

Dalam peraturan wind load Australia pun tidak ada, tapi saya ada menemukan beberapa paper yang membahas hal ini, jadi sedikit terbantulah.

Thanks

Tanggapan 2 – h_magabe

P’ Didi,

Mengenai buku tsb ada apa tidak dijual di Indonesia, saya kurang begitu tahu. Yang pasti saya memegang copyannya ada dua volume. Namun yang berkaitan dengan subject diatas sih adanya di Volume I. Namun demikian, saya belum paham benar yang mau dicari tahu apanya ? Apa bagaimana cara memperhitungkannya atau aturan-aturan yang harus dipenuhi dan koefisien-koefisien yang digunakan. Kalau aturan-aturan biasanya adanya di Code/standard yang saya sebutkan itu. Tapi kalau bagaimana cara menghitungnya bisa dilihat di buku yang saya sebutkan tadi atau secara konsep dan contohnya barangkali bisa dilihat di attachment yang akan saya kirim ke P’ Didi secara terpisah (alamat email P’ Didi apa ?). Mengenai ASME itu mungkin maksudnya paper- paper yang beredar di organisasi ASME atau ASME transaction bukan pada ASME Codenya.

Demikian dari saya semoga membantu.

Share This