Cold expands adalah metoda pengubahan bentuk pada temperatur rendah (cold working) pada pipa khususnya dengan cara memperbesar diameternya melalui proses mekanik atau dengan memberikan tekanan fluida ke bagian dalam pipa.

Tanya – Herman Antono

Saya mohon pencerahan mengenai material

1. Apa yang dimaksud dengan Cold Expanding pada proses pembuatan pipa?

2. Baja ‘Fully killed and grain steel’ apa maksudnya?

Terimakasih atas pencerahannya.

Tanggapan 1 – Winarto

Dear Pak Herman Antono,

Mengenai pertanyaan Bapak mengenai ‘Cold Expand’ dan ‘fully-killed and grain steel’.

1. Apa yang dimaksud dengan ‘Cold Expanding’ pada proses pembuatan pipa?

jawab:

Cold expands adalah metoda pengubahan bentuk pada temperatur rendah (cold working) pada pipa khususnya dengan cara memperbesar diameternya melalui proses mekanik atau dengan memberikan tekanan fluida ke bagian dalam pipa.
(A method of cold working pipe wherein the diameter of the pipe is increased either by mechanical or fluid pressure exerted from within).

2. Yang dimaksud Baja ‘Fully killed and grain steel’ adalah jenis baja yang telah diproses dengan menambahkan unsur deoksidasi (deoksider) seperti aluminium (Al) dan silikon (Si) dalam kadar tertentu, untuk mencegah gas yang larut didalam baja tsb selama pembekuannya (solidification).
Proses-nya biasanya dilakukan di suatu cetakan (mold) dimana setelah pembekuan baja tersebut terlihat adanya penyusutan dibagian atasnya (top of the ingot). Hal tsb diakibatkan oleh adanya gas yang berevolusi atau keluar seluruhnya pada proses pembekuan baja tersebut. Selain itu penambahan aluminium juga berfungsi sebagai unsur penghalus butir (grain refiner), seperti halnya unsur-unsur penghalus butir lainnya antara lain: titanium (Ti), zirconium (Zr) dan vanadium (V). Oleh sebab itu baja yang diproses seperti tersebut diatas disebut ‘fully killed and grain steel’. Baja tersebut umumnya diaplikasikan untuk proses pengubahan bentuk dingin (cold forming process) seperti cold expanding.
Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – sfl_0126

Pak Winarto dan Pak Antono,

Saya ingin menambah sedikit soal ‘Cold expand’ Saya coba menjelaskan proses pembuatan pipa dengan cold expanded yang ada di PT SEAPI – Cold expanded adalah proses untuk mencapai dimensi akhir pipa sesuai dengan dimensi yang diinginkan. Proses ini dilakukan dengan cara memekarkan pipa baik secara sekaligus pada seluruh badan pipa dengan menggunakan proses hidrolik maupun secara segmen per segmen dengan cara mekanik dan dilakukan pada temperatur ambien . Cold expanded adalah satu tahapan sizing dalam proses pembuatan pipa Longitudinal Seam SAW baik pipa yang dibuat dengan forming Three- rolled bending maupun UOE. Dengan proses cold expanded maka dimensi akhir pipa menjadi sangat presisi , sehingga secara umum pipa-pipa cold expanded mempunyai dimensi yang lebih unggul daripada pipa yang tidak dicold expanded misalnya pipa Spiral.
– Cold expanded dilakukan melewati yield strength material pipa sehingga proses ini juga mempunyai efek samping sebagai uji kekuatan pipa yang sesungguhnya. (Bandingkan dengan pipa-pipa yg tidak dicold expanded dan hanya diuji hidrostatik yang hanya menguji pipa paling tinggi 0.95% yield strength)
– Cold expanded juga mempunyai fungsi samping sebagai stress relieve pada pipa akibat proses forming dan welding. Secara umum dapat dikatakan bahwa pipa cold expanded mempunyai tegangan sisa (residual stress) yang sangat kecil.