Select Page

Pemilihan penanggulangan polusi yang di akibatkan oleh ash, tergantung dari capacity boiler yang ada. Apabila kapasitas boiler besar kira2 diatas 40 T/h, pemilihan Esp lebih efisien. Untuk cost tentunya lebih mahal Esp tetapi lebih efisien jika untuk boiler kapasitas besar.

Tanya – ady candra

Saya mohon pertimbangan untuk pemilihan penanggulangan polusi yang di akibatkan oleh ash. penggunaan ESp dan bag filter, manakah yang lebih effisien..???
ditinjau dari Power consumsi dan cost tentunya..

terima kasih..

Tanggapan 1 – andri ansyah

Pak Ady candra untuk pemilihan nya tergantung dari capacity boiler anda. kalau kapasitas boiler anda besar kira2 diatas 40 T/h ya kayaknya pemilihan esp lebih efisien. untuk cost tentunya lebih mahal esp tetapi lebih efisien jika untuk boiler kapasitas besar.

Tanggapan 2 – ady candra

Terima kasih atas tanggapannya
untuk data yang ada.. Capasitas untuk boiler sekitar 35 Ton/hr. yang menjadi permasalahan adalah…
dalam memilih pertimbangan apa saja yang perlu di perhatikan? terutama yang menyangkut Cost untuk investasi dan cost maintenace nantinya…bagaimana?
di samping itu juga dari segi Power konsumsinya apa kah kedua metide ini mempunyai perbedaan?

Tanggapan 3 – Stephen Rahmat (FGM)

Mas Ady,

Kita mesti tahu dulu karakteristik ‘ash’ atau abu yang dimaksudkan, dalam arti : jenis abu/debu apa ? sifat abu tersebut apakah suhu biasa atau suhu tinggi, apakah combustible ? lalu ukuran abu nya berapa micron dan jumlah yang harus ditangkap berapa, apakah dari system tertutup atau system ruang terbuka.

Kalau masalah dust collecting pakai bag filter saya pernah 17 tahun berkecimpung di bidang itu. Silakan beri datanya dulu untuk diskusi selanjutnya.

Berikut tanggapan selanjutnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan April 2007: