Select Page

Perubahan wujud dari padat menjadi cair bisa dilakukan (secara umum) dengan dua hal. Yang pertama dengan mendinginkan gas melampaui di bawah titik didihnya. Untuk LPG (umumnya) titik didihnya pada tekanan atmosfer adalah -42 degC. Untuk LNG titik didihnya sekitar -162C.

Tanya – Syam Asinar

Rekan-rekan,

Saya butuh bantuan menjawab pertanyaan yang diajukan anak-anak ke majalah di tempat saya bekerja. Ternyata kita bisa dipusingkan oleh pertanyaan anak-anak, hehehe…

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

Tentang Pencairan Gas:

– Apa bedanya LPG dan LNG?

– Bagaimana proses pengubahan wujud dari gas ke cair?

– Apakah dipengaruhi suhu? Seberapa rendah suhu yang biasa digunakan untuk mencairkan LPG/LNG?

– Apakah dipengaruhi tekanan? Berapa tekanan yang biasa digunakan untuk mencairkan LPG/LNG?

– Lalu yang tersedia di rumah-rumah kita, tangki gas untuk kompor, itu LPG atau LNG?

– Dalam kondisi cair atau gas kah tangki kompor gas tersebut?

– Lalu yang terdapat di korek api, samakah dengan yang ada di tangki kompor?

Saya terbantu sekali jika ada rekan yang bias menjelaskan kepada saya. Terima kasih atas perhatian anda.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Mas Syam dan Adik-Adiknya,

Istilah LPG dan LNG adalah pengistilahan umum untuk gas yang di cairkan baik oleh manusia atau karena keadaan alam. Jika elpiji adalah gas cair dengan komponen utama adalah propana, maka el-en-ji adalah gas cair dengan komponen utama metana. Metana dan propana adalah senyawa hidrokarbon rantai lurus yang tersusun untuk masing-masing satu unsure karbon dan tiga unsur karbon. hidrokarbon sendiri? adalah istilah umum untuk menyebut jenis senyawa tertentu yang terdiri atas unsur C (karbon) dan unsur H (unsur hidrogen) yang terutama terbentuk sebagai hasil siklus hidup dari fosil-fosil mahluk hidup purba.

Perubahan wujud dari padat menjadi cair bisa dilakukan (secara umum) dengan dua hal. Yang pertama dengan mendinginkan gas melampaui di bawah titik didihnya. Untuk elpiji (umumnya) titik didihnya pada tekanan atmosfer adalah -42 degC. Untuk el-en-ji titik didihnya sekitar -162C. Dingin sekali bukan? Untuk mendinginkan ini diperlukan energi, yang biasanya diwujudkan oleh alat yang bernama refrigerator (kulkas di rumah adalah contoh refrigerator). Perubahan wujud juga dapat dilakukan dengan meningkatkan tekanan gas metana (menjadi LNG) dan gas propana (menjadi LPG). Pada temperatur kamar (25 C) metana akan mulai mencair pada 6.64 bar atau 92.78 psia sementara propana mulai mencair pada 6.31 bar. Apakah elpiji di rumah-rumah disimpan dalam bentuk 100% cair? TIDAK!, mereka dalam kesetimbangan antara gas dan cair…

Manakah yang lebih berbahaya : menyimpan elpiji dengan temperature rendah tekanan atmosfer atau dengan tekanan tinggi dan temperatur kamar? penyimpanan dalam TEKANAN TINGGI lebih membahayakan!

Untuk kompor gas di rumah itu adalah LPG .

Dalam kesetimbangan antara cair dan gas atau lebih tepatnya disimpan dalam titik didihnya….

Umumnya yang terdapat di korek api adalah (biasa disebut dengan lighter fluid) adalah senyawa butane dan senyawa naphta lainnya… jadi sedikit berbeda dengan LPG dan LNG.. Di Amerika, seorang produsen korek api harus mendapat persetujuan dari lembaga keselamatan produk… mengingat dalam setahun beaya akibat kecelakaan pada produk konsumsi adalah sebesar 700 milyar USD.
Semoga membantu,

Tanggapan 2 – Tahzudin Noor

Apa ada yang masih keliru ya di tulisan ini?

Tanggapan 3 – Paul Wijaya

Kang Tahz,

Apa kabarnya?

Kayaknya pressure 6.64 barg untuk metana terlalu rendah agar bisa dicairkan.
Kalau memang bisa dicairkan pada tekanan itu tentunya akan sangat murah untuk produksi LNG.

Di Arun, setahu saya, LNG di MHE (Main Heat Exchanger) dihasilkan dari Joule Thompson efek (tekanan diturunkan dengan akibat temperatur juga turun).

Sedangkan di Bontang LPG juga dihasilkan dari refrigeration.

Rekan-rekan Arun atau Bontang silahkan dikoreksi.

Share This