Essar Global India berencana akan menginvestasikan 138 milyar rupee (3.4 milyar dolar) untuk membangun kilang minyak 300,000 b/d yang dimaksud di bagian utara Mesir.

Penulis : Shirish Nadkarni

Essar Global India berencana akan menginvestasikan 138 milyar rupee (3.4 milyar dolar) untuk membangun kilang minyak 300,000 b/d yang dimaksud di bagian utara Mesir.

Project kemungkinan besar akan disetujui, tetapi tidak diketahui apakah Mesir akan mengizinkan Essar Global untuk memulai sendiri atau mempertahankan beberapa porsi dari haknya dalam project. Jika disetujui, kilang minyak dapat mengalir pada tahun 2010.

Hasil minyak dari Mesir turun sampai 800,000 b/d dari level puncak dari hampir 1 juta b/d pada pertengahan tahun 1990-an, dan negara secara aktif mendorong perusahaan-perusahaan untuk menginvestasikannya pada sektor minyak dan gas di negara tersebut untuk membalikkan kecenderungan hasil hidrokarbon yang menurun.

Menteri Perminyakan Mesir Sameh Fahmy mengatakan negaranya berencana akan mengembangkan penemuan yang baru saja ditemukan di Teluk Suez dan Western Sahara. Dan bulan lalu, karena kepentingan strategi, Mesir menunda rencana untuk memprivatisasikan 100,000 b/d Middle East Oil Refinery (Midor) di Alexandria.

Kilang Essar Global yang dimaksud adalah bagian dari rencananya untuk memiliki andil yang besar di barat Asia, dimana pertumbuhan dan pembangunan bahan bakar minyak meledak/booming ditambah konsumsi dalam negeri, serta menekan suplai untuk Eropa dan Asia.

Group-group juga melakukan pembicaraan dengan Iran untuk mengembangkan lahan minyak terbesar negara, Azadegan, untuk kilang bahan bakar dan pabrik baja yang dimaksud.

Indian Oil Corp. India juga bermaksud ikut serta dalam project pipeline minyak mentah dari Mediterranean sampai pesisir Red Sea untuk memenuhi aliran minyak ke Asia, mem-bypass Suez Canal.

Sumber: www.ogj.com