Peralatan dan dan cara monitoring korosi pada jetty piles sama seperti pengukuran potensial pada pipa bawah tanah, seperti: permanent reference cell (Ag/AgCl atau Zn), test station dan multimeter.

Tanya – Jeffri Sandy

Rekan2 Yth,

Saya relatif baru di dunia korosi, dan masih butuh banyak belajar dan juga bimbingan dari rekan2 sekalian. Saya ingin menanyakan perihal corrosion monitoring untuk jetty piles.

Mungkin bisa menjelaskan secara ringkas, alat apa saja yang biasa digunakan dan bagaimana cara memonitoring korosi di jetty piles?

Terima Kasih banyak atas penjelasannya.

Tanggapan 1 – Isya Muhajirin

Pak Jeffri,

Peralatan dan dan cara monitoring korosi pada jetty piles sebetulnya sama saja seperti pengukuran potensial pada pipa bawah tanah, seperti: permanent reference cell (Ag/AgCl atau Zn), test station dan multimeter.

Untuk piles yang tidak terkoneksi satu sama lain, mau-enggak mau harus diukur satu-satu dengan kedalaman berbeda. Biasanya semakin dekat dengan anoda, semakin negatif potensialnya. Tapi yang namanya piles, hampir semuanya terkoneksi dengan rebar. Untuk yang seperti ini, cukup pasang satu saja permanent reference cell yang akan digunakan untuk mengukur beberapa piles.

Jangan takut pembacaan akan jauh berbeda, kecuali multimeter belum dikalibrasi atau tidak ada koneksi antara piles dengan reference cell, karena resistivity air laut yang sangat rendah jika dibandingkan dengan diatas tanah hanya akan membuat perbedaan ± 5 ~ 10 mV saja. Tapi harus diingat bahwa reference cell diusahakan agar tetap (steady) dan tidak bergerak bebas karena akan menyebabkan pembacaan naik-turun.

Tanggapan 2 – Jeffri Sandy

Pak Isya,

Saya masih belum begitu jelas mengenai pemasangan permanent reference elctrode untuk mengukur potensial semua pile. Mungkin bisa dijelaskan sekilas.

Sejauh yang saya tahu, untuk mengukur potensial pada pile ref elctrode nya harus berada di dekat pile tsb. Kalau dipasang satu permanen ref elect. untuk mengukur potensial semua pile, potensial mana yang diukur?

Mohon Pencerahannya.

Tanggapan 3 – negari karunia

Dear,

Alat yang diperlukan UT Wall Thickness meter untuk pile dan CP. Reading.

Tanggapan 4 – Wisnu Baroto

Pakai Thicknessmeter bisa pak jeffri, atau pake UT Flawdetector lebih pas lagi, alat2 NDT banyak yang dapat dipergunakan, kalo bapak berkenan, saya bisa datang ke kantor bapak untuk tukar pikiran.