Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan April 2007 membahas mengenai hysys – control valve.

Tanya – E_Sa20

Temans mohon pencerahannya donk,
Saya lagi belajar hysys, n lagi nyobain dynamic mode, tapi ada sedikit kesulitan waktu men-tuning control valve nya, apa harus di manual mode dulu, ada yang tau caranya ga?
thanx

Tanggapan 1 – Nugroho Wibisono

Mas Saputra,

Saya ubah sedikit judulnya yach..

Yang anda maksudkan itu:

a) men-tuning PID control-nya?

b) sizing control valve-nya?

Kalau:

a) tuning PID control, anda bisa mencoba salah satu dari cara dibawah:

* tuning PID menggunakan metode trial-and-error

* tuning PID pake metode Ziegler-Nichols yg open-loop/closed-loop

* anda bisa mencoba fitur auto-tuner di PID controller tsb. (hasil tuning auto-tuner agak mirip dengan metode Z-N yg open loop, tetapi sedikit lebih agresif responnya).

b) sizing control valve

Sebaiknya anda men-sizing di steady state atau kalau sudah terlanjur masuk dynamic mode, anda bisa hold dulu solver-nya. Secara standar, control valve diperuntukkan untuk mengendalikan fluida dalam keadaan Normal Condition (normal condition maksudnya dalam pressure, DP dan flowrate yang anda inginkan untuk selalu beroperasi) dan dalam Opening Valve tertentu, yang bagus opening-nya di sekitar 50-60% (untuk aplikasi regulating). Anda dobel klik saja Valve tsb dan klik tab Rating. Secara default dari Hysys, biasanya langsung dikasih opening valve 50%. Anda pilih salah satu dari tipe-tipe valve yang diakomodasi Hysys seperti Linear, Quick Opening atau Equal Percentage (tergantung aplikasi proses anda). Pilih metode Sizing (Cv, Cg atau k). Klik tombol Size Valve, beres deh..

Kalau masih bingung, anda bisa baca-baca sendiri mengenai aplikasi Valve di Hysys di Operations Guide, Bab Piping Equipment, Sub-bab 5.5 Valve. Penjelasan disitu lebih komprehensif daripada penjelasan saya yg ecek2 ini hehehe… Semoga membantu.

Tanggapan 2 – E_Sa20

Begini mas weby, sebagai contoh ketika saya pake level controller, ketika saya masukkan nilai PV minimum = 25 % dan PV maximum = 75 %, maka secara otomatis hysys akan men-set SP sebesar 50%, tapi ko’ OP nya cuma sekitar 30.5 %, meskipun disizing valvenya 50 %.
itu yang pertama, yang kedua ketika saya run simulasinya saya coba mengubah-ubah nilai feednya untuk membuktikan kalo pada saat PV = 25 % maka bukaan valvenya = 0 % (fully close), begitu juga untuk PV = 75 % OP = 100 %, tapi ga dapet juga, kira2 apanya ya, apa ada step yang saya lewati ?

sory, mas weby ini kakak kelasnya andy nurcahyo ya ?

Tanggapan 3 – Ricky Pratomo

Semoga membantu,

Untuk mengatur level cairan dalam tangki (level controller), maka nilai PV min dan PV max yang umumnya saya pakai adalah 0% dan 100%, karena memang nilai minimum dan maksimumnya segitu. Kalau dalam mode steady-state, biasanya OP yang langsung dituliskan adalah (PVmin+PVmax)/2, atau dalam hal ini adalah 50%, akan tetapi itu masih dalam keadaan steady-state – SS (simulasi belum berjalan dalam mode dinamik – DYN).

Sizing valve yang mas lakukan dalam mode apa (SS atau DYN)? Umumnya tidak ada perbedaan antara melakukan sizing dalam mode SS atau DYN, akan tetapi lebih baik lagi kalau melakukannya dalam mode SS, karena tidak mempengaruhi perhitungan sama sekali (SS hanya mempertimbangkan faktor neraca massa – dan energi).
Tentang OP yang hanya 30.5%, mungkin mas hanya menggunakan controller tipe P (proporsional). Kalau memang demikian, maka akan selalu terjadi offset dari set-point yang kita mau dengan hasil akhir yang didapatkan. Untuk level, tipe controller yang dapat dipakai adalah PI, dengan Kc yang bisa agak tinggi.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah controller mode (REVERSE atau DIRECT). REVERSE berarti, jika PV kurang dari SP (PV < SP), maka OP akan dinaikkan (OP meningkat), sedangkan DIRECT berarti, jika PV kurang dari SP (PV < SP), maka OP akan diturunkan (OP menurun). Dalam hal level controller, mode yang dipakai adalah DIRECT. Mungkin ini yang menyebabkan mas tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Ok, semoga membantu.

Tanggapan 4 – Ryco Maruly

Mau nanya…

Klo di HYSYS untuk menggabungkan 2 energy stream (integrasi panas) pake alat apa ya??
Saya ingin menggabungkan energi (panas) dari condenser kolom distilasi ke reboiler kolom distilasi yg lain dan ada tambahan energi dari luar untuk memenuhi kebutuhan energi reboiler tersebut.
Saya sudah mencoba pakai mixer dan bisa untuk keadaan steady state, tetapi waktu diubah menjadi keadaan dynamic tidak bisa…
Ada tulisan : ‘The Operation MIX-100 does not support energy streams in dynamic mode’
Mohon bantuannya..