Select Page

Yang dimaksud dengan Welder log book intinya adalah daftar atau log book yang menginformasikan nama welder, kualifikasinya dan kegiatannya. Log book ini sangat bermanfaat bagi inspector untuk mengetahui apakah welder tsb masih qualified (terus bekerja), atau diperlukan test ulang (kalau 6 bulan tdk bekerja), sedangkan Welding map intinya untuk mengetahui rencana pengelasan pada suatu peralatan. Umumnya terdiri dari gambar sketch peralatan, termasuk posisi yang akan di las, dan diberi keterangan no. WPS yang akan digunakan.

Tanya – DARMAYADI

Temans ahlinya pengelasan……

Salah satu staff qc sebuah steel construction pernah bertanya pada saya , namun kayaknya saya kurang PD menjawabnya..

Beliau bertanya seperti ini : Pak, apa yang dimaksud dengan Welder Log Book dan Welding Map ? Item2 apa saja yang harus tercantum ?
Oleh karena steel constructionnya kecil, jadi masalah ini tidak populer ditelinganya…
Ada yang bisa bantu ?

Tanggapan 2 – supriyatno_gatot

Pak Darmayadi,

Berikut masukan dari saya :

Welder log book : intinya adalah daftar atau log book yang menginformasikan nama welder, kualifikasinya dan kegiatannya. Log book ini sangat bermanfaat bagi inspector untuk mengetahui apakah welder tsb masih qualified (terus bekerja), atau diperlukan test ulang (kalau 6 bulan tdk bekerja).

Welding map : intinya untuk mengetahui rencana pengelasan pada suatu peralatan. Umumnya terdiri dari gambar sketch peralatan, termasuk posisi yang akan di las, dan diberi keterangan no. WPS yang akan digunakan.

Pak Darmayadi, saya sangat setuju bapak mau mendengar dan membantu kontraktor kecil, agar mereka juga menjadi profesional di bidang pengelasan, mungkin ini juga misi API.

Tanggapan 3 – rahmat ardiansyah

Nimbrung Pak Gatot,

Oh ya pak, apakah buku merah yang dari Depkaner itu bisa disamakan dengan log book tadi. Sepertinya sama ya pak?
Suparno/pt atmindo medan

supriyatno_gatot supriyatno_gatot@yahoo.com

Pak Suparno (PT. Atmindo Medan)

Betul sekali pak, buku merah Depnaker = Welder Log Book, gunanya untuk mencatat kegiatan welder, dan dulu secara berkala dimintakan pengesahan ke pegawai pengawas, agar sertifikat welder nya terus berlaku

Saya pernah pak sebagai Radiographer kerja untuk Atmindo pada tahun 1986 an

Tanggapan 4 – hadi muttaqien

Pak Darmayadi,

Saya kira masalah kepastian status welder atau yang berkaitan dengan welding baik itu orang, system, perundang-undangan dan lainnya segera saja di bikinkan standard Indonesia, API bisa berperan sebagai motor penggerak. Kasihan saat ini berbagai standard (CSWIP, AWS, DNV, dll) berkeliaran di Indonesia dan orang2 yang berkecimpung dipekerjaan welding tentunya akan ada kendala.
Sertifikat Welder yang saya tahu untuk proyek2 MIGAS diperpanjang dengan sertifikat pengalaman kerja dia yang memuat tanggal terakhir dia bekerja, kalau sudah habis masa berlakunya atau beberapa bulan tidak melakukan pengelasan harus mengikuti training dan test lagi, disisi perusahaan setelah meneliti administrasinya/sertifikat dilakukan welder test sesuai WPS, bila lulus bisa diijinkan untuk bekerja. Peran Depnaker sementara ini tidak kelihatan disini, sepertinya depnaker kecil peranannya dalam perekrutan welder. Dokumen Welder Log Book mungkin banyak welder yang tidak membuatnya karena alasan biaya?

Share This