Select Page

Kali ini Jakarta kebagian banjir seperti daerah2 lainnya di wilayah republik ini , yang konon salah satunya disebabkan oleh rusaknya lingkungan hidup didaerah hulu, akibat tanaman /tetumbuhan yang tersisa didaerah hulu tidak lagi mampu menyerap anugerah Allah berupa air hujan yang tercurah dari langit.
Konon banjir Jakarta tahun ini jauh lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi ditahun 2002. Pada tahun 2002 dan 2007 ini banyak daerah yang sebelumnya tidak pernah kebanjiran sebelumnya , ikut menikmati dingin dan kotornya air banjir nan berlumpur itu.

Tanya – x.sulistiyono

Kali ini Jakarta kebagian banjir seperti daerah2 lainnya di wilayah republik ini , yang konon salah satunya disebabkan oleh rusaknya lingkungan hidup didaerah hulu, akibat tanaman /tetumbuhan yang tersisa didaerah hulu tidak lagi mampu menyerap anugerah Allah berupa air hujan yang tercurah dari langit.
Konon banjir Jakarta tahun ini jauh lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi ditahun 2002. Pada tahun 2002 dan 2007 ini banyak daerah yang sebelumnya nggak pernah kebanjiran sebelumnya , ikut menikmati dingin dan kotornya air banjir nan berlumpur itu.

Mohon pencerahan Bapak2 dan Ibu2 yang saya yakin sangat mencintai lingkungan hidup nan nyaman dan akrab dengan kehidupan :

1. Mungkinkah banjir Jakarta dapat diatasi ?

2. Bagaimana caranya?

3. Adakah yang salah dalam pengelolaan Jakarta pada umumnya dan lingkungan hidup khususnya ?

Terima kasih atas pencerahan Bapak2 dan Ibu2.

Tanggapan 1 – OK Taufik

Pak saya bawakan pemikiran dari milist sebelah.

# Konsep banjir kanal barat [ dan banjir kanal timur ] yang katanya merupakan warisan dari design pemerintah belanda lalu yang berusaha untuk mengalirkan air yang masuk ke Jakarta , ke arah barat [ dan timur ] , yang kemudian di alirkan ke laut.

Dari kondisi kota Jakarta sekarang banjir kanal barat [ dan timur ] bukan lagi terletak di luar kota Jakarta [ outer ring kota ] tapi sudah didalam tengah kota.

Sehingga bila airnya meluap , akan membanjiri tengah kota .
[ meratakan banjir yang terjadi ke banyak daerah wilayah sekitarnya ]

# kenapa dibuat banjir kanal barat [ dan timur ] ?

Karena sungai-sungai yang melintasi Jakarta , 13 sungai , dinilai tidak berfungsi untuk mengatasi debit banjir yang melanda Jakarta , sehingga dibuat lah proyek banjir kanal barat [ dan timur ] dengan embel-embel , itu merupakan design pemerintah belanda [ tapi hal itu, beberapa puluh tahun lalu ].

Lalu , proyek banjir kanal barat yang sudah selesai baru-baru ini dengan dana lebih dari 4.5 trilyun , tapi awal februari lalu saat terjadinya banjir yang melanda banyak wilyaha Jakarta , ternyata wilayah Jakarta bagian barat dan sekitarnya , koq tetap mengalami banjir parah .

Di dapat penjelasan dari pemerintah bahwa karena air dari saluran banjir kanal barat tidak bisa mengalir ke laut, karena bagian hilirnya letaknya lebih rendah dari permukaan laut dan pada saat itu terjadi air laut sedang pasang saat bulang purnama sehingga lebih mempersulit air mengalir ke laut.

Tanggapan selengkapnya dari Diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan April 2007 dapat dilihat dalam file berikut :

Share This