Select Page

Hydraulic Power Unit (HPU) adalah equipment yang digunakan untuk supply hydraulic pressure. As simple as Reservoir with pumps and isolation valve bisa diklasifikasikan sebagai HPU. Tapi lebih sering di field HPU akan sangat complex dengan fancy instrument. Applikasinya bisa untuk drilling, completion, testing etc.
Contoh: untuk BOP ram dibututuhkan hydraulic pressure, untuk operating actuator (fail-safe) at x’mas tree juga dibutuhkan supply pressure dari HPU, untuk subsea xmas test juga perlu HPU. Tergantung kebutuhan, applikasi HPU dapat bermacam-macam.

Tanya – Arief Supriatna

Dear Rekans,

Mohon sharing-nya dari rekans mengenai Hydraulic Power Unit (HPU), sebagai berikut :

1. Apa itu HPU dan digunakan untuk apa dalam hubungannya dengan Drilling.

2. Adakah regulasi yang mengatur tentang HPU ini.

Tanggapan 1 – Bernady

Hi Arief,

Berikut adalah yang saya tahu ttg HPU:

1. HPU adalah equipment yang di gunakan untuk supply hydraulic pressure. As simple as Reservoir with pumps and isolation valve bisa di klasifikasikan sebagai HPU. Tapi lebih sering di field HPU akan sangat complex dengan fancy instrument. Applikasinya bisa untuk drilling, completion, testing etc.
Contoh: untuk BOP ram di butuhkan hydraulic pressure, untuk opening actuator (fail-safe) at x’mas tree juga di butuhkan supply pressure dari HPU, untuk subsea xmas test juga perlu HPU. Tergantung kebutuhan, applikasi HPU dapat bermacam-macam.

2. Karena HPU component kebanyakan di klasifikasikan ke instrumentation maka refer to API 14C.
Semoga membantu.

Tanggapan 2 – harus_its

Mohon sharing-nya dari rekans mengenai Hydraulic Power Unit (HPU), sebagai berikut :

1. Apa itu HPU dan digunakan untuk apa dalam hubungannya dengan Drilling.

Sebelum menjawab sy ingin memperkenalkan diri dulu, sy warga baru di milis migas ini, nama: Harus Laksana Guntur, saat ini sbg Visiting Ass.Prof. di Tokyo Institute of Technology, Jepang dan staf pengajar T.Mesin-ITS. Buat yg alumni jepang dan semua member milis migas salam kenal.

Bidang keahlian saya adalah Gas Dynamics (khususnya: Transmission Systems and Gas Measurement) dan Pneumatic/Compressed Air Technology. Saat ini saya dan lab saya banyak terlibat dalam proyek2 berkaitan dg transmisi gas di Jepang, bekerjasama dengan Tokyo Gas, Osaka Gas dan beberapa perusahaan terkait masalah per-gas-an.

Mengenai pertanyaan mas Arif, didalam istilah per-mesinan, ada pneumatic power unit/systems, ada electric power unit dan ada hydraulic power unit.Pneumatic, electric dan hydraulic adalah jenis penggerak dari unit/mesin tsb. Untuk mesin/unit berpenggerak pneumatic, berarti mesin tadi penggerak utamanya adalah udara yg ditekan/dikompres, kalau mesin berpenggerak hydraulic, ini artinya mesin tadi menggunakan teknologi oil (ada jg yg air) yg ditekan/dikompres sbg penggerak utamanya. Masing2 penggerak punya kelebihan dan kekurangan. Kalau ingin tahu lebih detail silahkan japri saja.

2. Adakah regulasi yang mengatur tentang HPU ini.

Untuk di Indonesia, saya kurang paham ttg regulasi yg mengatur tentang HPU.Mungkin ada rekan2 lain yg sdh lama berkecimpung di dunia industri di tanah air bisa membantu menjawabnya. Untuk kasus Jepang, semua ada aturan dan standardisasinya.

Mohon maaf bila kurang memuaskan.Silahkan kontak sy via japri kalau ada pertanyaan seputar keahlian saya.

Share This