Ada beberapa lembaga pendidikan/kursus yang memberikan pelatihan sebagai Auditor QMS yang mengacu kepada auditor untuk standard ISO 9001 di Jakarta. Pelatihan diberikan dengan materi sesuai dengan ISO 19011.

Dirman Artib

Ada beberapa lembaga pendidikan/kursus yang memberikan pelatihan sebagai Auditor QMS yang mengacu kepada auditor untuk standard ISO 9001 di Jakarta. Pelatihan diberikan dengan materi sesuai dengan ISO 19011.

Sedikit pencerahan tentang Auditor yang ter-registrasi :
Lembaga yang paling banyak me-Registrasi/ Mensertifikasi auditor adalah IRCA yang ber kantor pusat di London. IRCA mempunyai beberapa persyaratan dalam me-registrasi para auditor berdasarkan beberapa grade dan ke ahlian dalam bidang bisnis khusus, walaupun referensinya sama-sama meng audit implementasi standard ISO 9001. Jadi jangan kaget jika seorang auditor ISO 9001 untuk bisnis Rumah Sakit, maka dia tidak akan kompeten melakukan audit di perusahaan EPCI untuk Oil & Gas.

Salah satu persyaratan nya adalah harus melewati sebuah training selama 40 jam (5 days) yang diberikan oleh lembaga training yang diakui. Persyaratan lain adalah praktek mengaudit dalam sesi latihan yang dipandu oleh registered Lead Auditor. Dan Kemudian 20 jam audit untuk tujuan sertifikasi ISO 9001 di bawah pimpinan Registered Lead Auditor.

Beberapa lembaga training yang biasanya memberikan pendidikan untuk Auditor agar bisa diregistrasi oleh IRCA akhirnya membuat asosiasi yaitu IATCA. IATCA ini lah yang senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan termutakhir dari tuntutan persyaratan kompetensi dari IRCA.

Beberapa anggota IATCA melebarkan sayap nya sampai ke Jakarta (Indonesia) dengan bekerjasama dengan lembaga training dalam negeri. Banyak dari lembaga training tersebut berasal dari individu yan menjadi konsultan dan berasosiasi seperti para Lawyer e.g. Tommy & Associates (sample only).
Tidak etis jika saya menyebutkan nama-nama di sini.

Jadi silahkan menghubungi saya lewat JAPRI.

, bahwa IRCA tidak hanya me-registrasi Auditor untuk QMS ISO 9001, tetapi juga untuk auditor Sistem Manajemen lain spt. EMS ISO 14001, ada auditor untuk Aviation, Keamanan Bandara/Pelabuhan Laut, Keamanan Information System, dan Auditor specilist lainnya.

Sudah merupakan budaya dari Management Team di negara yang lebih maju untuk menggunakan jasa auditor yang independen, professional dalam menemukan fakta objective untuk kebutuhan pengambilan kebijakan/keputusan Manajemen sebuah perusahaan.

Tanggapan selengkapnya :