Apakah anda ingin melakukan pengukuran aliran suatu fluida atau apakah anda ingin mereduksi tekanan suatu fluida secara drastis dan permanen? Kedua hal tersebut dapat dilakukan oleh benda yang namanya sama-sama mengandung kata ‘orifice’, yang pertama adalah Orifice dan yang kedua adalah Restriction Orifice. Secara umum, orifice mempunyai bentuk sebagai suatu plat yang mempunyai lubang lingkaran di tengahnya.

Oleh : Nugroho Wibisono

Abstract. Paper ini membahas perbedaan antara Orifice Flowmeter dan Restriction Orifice, serta aplikasi Restriction Orifice pada suatu pabrik.

1. Orifice dan Restriction Orifice

Apakah anda ingin melakukan pengukuran aliran suatu fluida atau apakah anda ingin mereduksi tekanan suatu fluida secara drastis dan permanen? Kedua hal tersebut dapat dilakukan oleh benda yang namanya sama-sama mengandung kata ‘orifice’, yang pertama adalah Orifice dan yang kedua adalah Restriction Orifice.

Secara umum, orifice mempunyai bentuk sebagai suatu plat yang mempunyai lubang lingkaran di tengahnya. Contoh bentuk orifice dapat dilihat pada Gambar 1.

2. Perbedaan Orifice dan Restriction Orifice

Kira-kira apa sajakah perbedaan antara Orifice untuk flowmeter dan Restriction Orifice? Mari kita amati Gambar 2 yang merupakan contoh gambar dari Orifice untuk flowmeter dan Restriction Orifice. Bentuk dari orifice flowmeter dan restriction orifice diatas adalah bentuk yang sering dijumpai dan secara umum perbedaannya terdapat pada profil lubang dari kedua orifice tersebut. Orifice untuk flowmeter umumnya mempunyai profil lubang yang awalnya lurus, tetapi kemudian bertakik (bevel) dengan kemiringan sekitar 45o. Sedangkan restriction orifice mempunyai profil lubang yang lurus.

Selengkapnya :