Select Page

Persiapan drill site disesuaikan dengan ukuran rig yang akan dipakai, sehingga lay out maupun ukuran2 dari shale pit, drilling pad, camp, storage dsb bisa matched dan efisien.

Tanya – Rovicky

Mumpung anda sebagai orang bor saya pingin dikit tahu tentang drill site preparation. Boleh kan ?
Adakah aturan khusus tentang ‘drill/well site preparation’ ini, dimana tercantumnya ?
Apakah disebutkan jarak minimum dengan pemukiman ? kalau iya berapa ?

Seingatku dulu kalau untuk heliportable rig ternyata panjang utk pembebasan ‘flyway’ cukup lumayan luasnya.

Ataukan masing2 perusahaan memiliki standart HSE sendiri2 ? Hal ini biasa saja buat saya yg terbiasa melihat masing2 daerah memiliki karakteristik sendiri2. Walopun ada ‘general rule’ selalu saja ‘local rule’ seringkali lebih bermakna.

Tanggapan 1 – Harry Eddyarso

Hallo Bung RDP,

Salam kenal !

Menjawab pertanyaan anda mengenai ‘drill site preparation’, saya ingin share beberapa key points berikut ini:

– Jarak minimum dari pemukiman terdekat setau saya 500 meter. Di BP West Java (offshore), para nelayan dilarang untuk mendekati area platform kurang dari jarak 500 meter tsb. Asumsi saya untuk land operations pun demikian.
Hal ini selain untuk menghindari sumber api (kompor, rokok, dsb) dari penduduk (atau nelayan) setempat, juga untuk me-minimize dampak social dengan adanya operasi pengeboran di daerah tsb. Untuk referensi nomor2 peraturannya, saya mohon anggota milis yang dari MIGAS atau rekan2 lain yang tau mohon untuk bisa sharing. Lokasi flare pit dan explosive storage harus betul2 dipilih yang paling aman. Spark arrester harus dipasang di sumber2 yang mempunyai potensi bahaya (misalnya crane exhaust).

– untuk Helirig operations, lokasi helipad dan fly way path nya harus mempunyai clearance yang cukup. Dengan sudut approach 3-7 deg anda bias menghitung berapa panjang fly way yang harus di clear kan (tebang pohon2 yang di lalui fly way tsb plus kiri kanannya). Helicopter biasanya dating (approach) dari arah yang melawan arah angin. Pak Gede Sudarka (Aviation Advisor), silakan menambahkan peraturan2 dari DGAC.

– Biasanya persiapan drill site di sesuai kan dengan ukuran rig yang akan dipakai, sehingga lay out maupun ukuran2 dari shale pit, drilling pad, camp, storage dsb bisa matched dan efisien.

Share This