Select Page

Di Perusahaan minyak HSE di bagi lagi menjadi Safety, Quality, Health, Environmental. Hampir dipastikan tidak ada seorangpun yang menguasai kempat-empatnya sebagai expert. Pada umumnya orang memandang HSE dari backgroundnya masing-masing. Seorang Environmental Engineer jarang tentunya membicarakan tentang Mechanical Integrity sebuah Vessel, dan sebaliknya.

Tanya – hadi_SHE

Selamat Sore para ahli hse di oil dan gas

Sebelumnya saya mohon sharingnya, saya adalah seorang safety di bidang manufaktu saya ingin belajar dan mencari pengalaman safety dibidang oil dan gas bagaimana caranya dan apa saja yang harus saya lakukan untuk menjadi expert safety di oil dan gas (minimal kalau ditanya nggak glagepan) atas perhatian dan bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Selamat Sore Mas Hadi,

Perkenankan saya ikutan menjawab meski saya merasa bukanlah ahli HSE (saya cuman Process Safety Engineer). Sebelumnya perlu diketahui di Perusahaan minyak itu HSE di bagi lagi menjadi Safety, Quality, Health, Environmental, hampir dipastikan tidak ada seorangpun yang menguasai kempat-empatnya sebagai expert. Pada umumnya orang memandang HSE dari backgroundnya masing-masing. Seorang Environmental Engineer jarang tentunya membicarakan tentang Mechanical Integrity sebuah Vessel, dan sebaliknya. Di bawah ini adalah pendapat saya pribadi tentang bagaimana menjadi expert safety…

Menjadi expert Safety di Perusahaan Minyak adalah sama dengan mempelajari dan menguasai semua elemen-elemen dalam safety management system di perusahaan tersebut. Dulu jaman masih pacaran ama ISRS, VICO menelurkan 21 elemen HSE yang diaplikasikan oleh management. Saya pribadi sebagai makmuman Process Safety Management, mungkin akan menjelaskan Process Safety Management saja yah.

Tahun 2006 ini AIChE melalui onderbouw nya CCPS menelurkan konsep dasar Process safety management yang berisi 19 elemen (berkembang dari sekedar 12 elemen pada tahun 1988):

Tanggapan selengkapnya :

Share This