Metering gas flow yang digunakan untuk penghitungan transaksi harus menggunakan metering yang sudah disertifikasi MIGAS.
Dalam proses sertifikasinya sendiri biasanya didahului dengan kalibrasi oleh dinas tertentu misalnya untuk tipe orifice plate dikalibrasi oleh dinas metrologi dan kalibrasi dilakukan di kantor metrologi dan di site. Juga ada methode penghitungan yang harus diikuti oleh metering ini, misalnya AGA 3 report. Metering yang sudah di kalibrasi dan diinspeksi oleh MIGAS selanjutnya akan disegel oleh MIGAS.

Tanya – agus permana

Rekan-rekan…

Saya mau tanya apakah flowmeter gas yang menggunakan kertas grafik dan jumlah alirannya dikira-kira, dari gambar grafik tersebut boleh digunakan untuk transaksi komersial. Kesalahan pembacaan sekitar 5-10 %.

Adakah ketentuan yang mengatur maksimum kesalahan pembacaan dan jenis-jenis flowmeter yang boleh digunakan untuk transaksi komersial.

Terimakasih

Tanggapan 1 – Nugroho Wibisono

Pak Agus,

Setahu saya, derajat ketidakpastian dari pengukuran bergantung pada aplikasinya untuk apa. Semakin kritikal aplikasinya (misalnya untuk custody transfer, allocation meter, dlsb), seharusnya semakin rendah ketidakpastiannya untuk menghindari kerugian dari pihak produser fluida proses (entah itu minyak, gas, atau cairan kimia lainnya. Tentu saja penjual ga akan mau menghadapi kondisi sudah ngerasa punya stok 10 liter, tapi diakui cuma 8 liter). Semakin tidak kritikal (in plant control, local indikator dlsb) derajat ketidakpastian dari alat2 pengukuran, maka semakin fleksibel untuk disepakati besarnya derajat ketidakpastian ini. Biasanya dengan derajat ketidakpastian yang semakin rendah,maka harga dari perangkat pengukuran semakin tinggi.

Mohon infonya, transaksi komersial apa yang bapak hadapi.
Terima kasih.

Tanggapan 2 – agus permana

Pak Nugroho,

Terimaksih buat informasinya, flowmeter untuk transaksi jual-beli gas dari produsen gas dengan Pusat Listrik Tenaga Gas Kami.

Tanggapan 3 – Waskita Indrasutanta

Gas flowmeter dengan kesalahan pembacaan 5-10% dapat dipastikan tidak bisa dipergunakan untuk custody transfer.

Kalau tidak salah, untuk gas custody transfer meter harus mempunyai accuracy lebih baik dari 2%. Saya kira ada Bapak/Ibu di milis ini yang lebih berwenang memberikan ketentuannya.

Tanggapan 4 – Sri Mayarni

Pak Agus,

Salam kenal sebelumnya, saya anggota baru milis ini.

Sedikit masukan untuk masalah metering ini :

Setahu saya untuk metering gas flow yang digunakan untuk penghitungan transaksi harus menggunakan metering yang sudah disertifikasi MIGAS.
Dalam proses sertifikasinya sendiri biasanya didahului dengan kalibrasi oleh dinas tertentu misalnya untuk tipe orifice plate (yang saya pernah lakukan) dikalibrasi oleh dinas metrologi dan kalibrasi dilakukan di kantor metrologi dan di site. Juga ada methode penghitungan yang harus diikuti oleh metering ini, misalnya AGA 3 report. Metering yang sudah di kalibrasi dan diinspeksi oleh MIGAS selanjutnya akan disegel oleh MIGAS.

Sedangkan penggunaan Chart recorder sebagai pengukur flow biasanya hanya digunakan sebagai back-up seandainya metering yang utama ada masalah, itu juga jangka waktu pemakainnya dibatasin dan tertuang dalam GSA (Gas Sales Agreement). Dari metering yang pernah saya kerjakan, tingkat kesalahan tidak boleh lebih dari 1%.

Tanggapan 5 – Arief Rahman Thanura

Sri Maryani,

Ada yang menarik kalau kita bicara pengukuran yang menggunakan orifice. Accuracy orifice sendiri berdasarkan beberapa literatur adalah sekita +/-2~5%. Sehingga requirement +/- 1% menurut saya bisa sangat questionable even good on paper.

Tanggapan 6 – agus permana

Dear All

Terimakasih kepada semuanya atas informasi yang diberikan.

Tanggapan 7 – Yuliastuti Wulandari

Saudara sekalian,

Salam kenal.

Bagaimana tentang metering (orifice plate) yang digunakan di distribusi pipeline (metering ini untuk penerimaan gas dari transmisi), apakah diwajibkan utk sertifikasi dari MIGAS selain daripada kalibrasi oleh dinas metrologi? dan apakah pada saat kalibrasi harus disaksikan oleh MIGAS?
Kemudian, apakah hal ini juga berlaku utk customer custody meter (dari distribusi ke customer)

Terima kasih.

Tanggapan 8 – permana chepy

Mungkin maksudnya dengan transmitternya kali ya…
karena setahu saya jika hanya Orifice’nya saja, sulit untuk melihat flow rate atau totalnya,
sehingga dengan ditambah transmitter flow tsb. Bias meausure dan terukur.

tergantung case sebenarnya jika memang ada penjual dan pembeli memang harus adanya wasit dalam hal ini badan independent spt. Metrology yang men-sertifikasinya sebagai pihak ke 3. karena masing2 penjual and pembeli tidak mau sama2 dirugikan makanya sering muncul nama custody meter/ costudy transfer.