Select Page

Kalau ingin menikmati broadband wireless, harus register terlebih dahulu ke salah satu provider seperti Indosat, XL, dll. Mengenai tempat yang bisa akses internet harus dalam wireless coverage dari provider tersebut. Provider yang memberikan username, login, dan DNS configuration u access.
Kebanyakan u Wireless Broadband service menggunakan dynamic IP address .

Tanya – soedardjo

Bapak ibu sekalian,

Sekarang ini sudah banyak note book, laptop yang dilengkapi wireless untuk internet di sembarang tempat umum yang dilengkapi dengan access point (broadband routers ) yang banyak.

Jika saya tidak tahu, access point (broadband routers ) tersebut untuk setting DNS-nya (jika IP-nya dapat diotomatisasikan) lalu bagimana agar saya dapat menggunakan access point di tempat umum, apa mungkin dengan DNS otomatis? Bagaimana jika saya mengunakan IP otomatis juga gagal?. Apa ada trik-trik agar wireless internet dari laptop tersebut dapat selalu digunakan dimana-mana?

Terima kasih atas pencerahannya.

Tanggapan 1 – Ridwan Hardiawan

Kalau memang bebas diakses oleh umum pasti semuanya otomatis pak. Kalau tidak bebas pasti ada settingnya, tinggal tanya sama providernya, beda2 tiap provider.

Tanggapan 2 – Triez

Siang,pak..

Mungkin aja dengan DNS otomatis,Pak. tapi dengan catatan udah diseting di access pointnya biasanya itu yang meang gratis for all.
Biasanya access point itu dapat diakses bagi mereka yang punya wireless client.
access point itu sendiri dapat dilengkapi security tergantung keperluan, bisa dengan password ketika masuk,bisa ga. Klo dengan pasword tergantung admin yang mengkonfigurnya,pak.berarti dia emang digunakan oleh user2 tertentu.yang diberi password tentunya jadi passwordnya harus ditanyakan ke adminnya ga bs otomatis.

Ko ditempat2 umum klo dia emang untuk free..biasane ga dikasih password, ip dan sebagainya serba otomatis,kok,pak..

Tanggapan 3 – Zainul

Dear,

Kalau pengen menikmati broadband wireless, kita harus register ke salah satu provider seperti Indosat, XL, dll, tentang tempat yang bisa kita akses internet harus dalam wireless coverage dari provider tersebut.

Provider yang memberikan username, login, dan DNS configuration u access.

Kebanyakan u Wireless Broadband service menggunakan dynamic IP address .

Tanggapan 4 – soedardjo

Terima kasih kepada Bapak Zainul dan Bapak Ridwan atas pencerahannya.
Mungkin jika kita dapat menangkap banyak sinyal internet wireless, kita harus memilih disable untuk yang lain, dan salah satu saja yang enable. Tentu saja, masalah proxy sebaiknya kita kosongkan, karena pada Local Area Connection Status kadang-kadang sudah jelas ada signal sent dan receive, tetapi karena proxy belum bebas, maka untuk browsing selalu gagal.
Terima kasih.

Tanggapan 5 – Agustinus, Donny

Kalau wi-fi free connection, biasanya akan muncul option di connetion wireless laptop kita untuk memilih untuk men-connect. Hanya saja, biasanya, akan diberitahu bahwa jika free (nggak perlu password), maka connection tersebut tidaklah secure.

Di daerah yang free, saya cenderung untuk hanya melakukan browsing biasa, tidak untuk hal-hal yang meminta password.

Ada program beberapa waktu lalu di BBC, The Real Hustle, bahwa wireless connection sangat rentan terhadap pencurian data dari orang lain. Waktu itu ditunjukan adanya mobil yang menggunakan pemancar sederhana dan menggunakan software sederhana pula, yang berkeliaran diluaran flat/rumah.

Pada alat yang kemudian disambungkan ke laptop nya, kelihatan dengan jelas si A di alamat ini sedang melakukan browsing apa.

Pada akhir program, si pembawa acara memberitahukan bahwa betapa orang tidak begitu menyadari bahwa penggunaan wireless sangat mudah untuk dimonitor oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.

Sehingga saya, terus terang saja, nggak begitu confident dengan wireless untuk melakukan hal-hal yang bersifat confidential.

Salah satunya, Internet Banking, jika saya melakukan online internet banking, saya hanya melakukan pada komputer yang full secure dan not wireless for sure.

Share This